Senin, Agustus 26, 2013

Temukan dan Hapus Broken Link di Blog Anda

Broken Link biasanya menjangkiti hampir setiap blog. Tidak percaya, coba periksa saja blog sobat. Pada posting sebelumnya saya hanya sempat bercerita sedikit tentang program bersih dari broken link. Hanya karena waktunya sempit, saya belum sempat berbagi mengenai bagaimana cara menemukannya dan sekaligus menghapusnya secara permanen. Sampai detik ini, berapa halaman posting yang sudah sobat buat dan sampai sejauh ini sudah berapa link yang ada di blog sobat. Kalau jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan apa kita mesti memeriksa satu persatu setiap link yang ada di setiap halaman blog?. Jawabannya tentu tidak, membayangkannya saja sudah bikin mulas. Oleh sebab itu, berikut ini mari kita berbagi tentang bagaimana cara menemukan broken link secara cepat dan praktis. Jika cukup waktu sekaligus juga dengan cara ‘menghabisinya’ sehingga blog sobat bisa bebas dari broken link yang menjangkiti. 

Langkah Pertama : Menemukan Broken Link 

Kunjungi situs yang menyediakan layanan cek broken link. Saya merekomendasikan situs brokenlinkcheck.com yang sudah buktikan kehandalannya untuk menemukan link patah yang ada di seluruh halaman blog sederhana ini. Caranya : 

- Kunjungi www.brokenlinkcheck.com. Anda akan mendapatkan kotak pop up pengisian URL, isi kolom URL tersebut dengan alamat blog anda. Setelah itu klik tombol Find broken links 

Kotak Cek Broken Link

- Sobat akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini. 

Mulai Cek Broken Link

Kotak isian pertama isi dengan URL blog anda. Kotak kedua isi dengan security code yang terlihat di sampingnya. O iya jangan lupa untuk memilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) pada opsi yang tersedia untuk hasil yang lebih lengkap namun mungkin agak lambat prosesnya. Pilihan pertama seperti yang nampak pada screen shoot juga bisa, tapi resultnya lebih sedikit. Sesudah itu klik tombol Find broken link now !.
Selanjutnya situs tersebut akan melakukan pemeriksaan pada seluruh halaman blog sobat dan di seluruh bagian halaman seperti bagian widget, komentar, home page dan tentunya juga pada konten posting. Tunggu sampai selesai. Setelah proses completed, jika ditemukan link yang rusak akan di list pada tabel di bawahnya. Penampakkannya seperti gambar di bawah ini : 

Hasil Penelusuran Broken Link

Penjelasan : 
- Lingkaran merah menunjukkan kolom nomor urut . Jika panah diarahkan kesitu akan nampak alamat URL yang broken yang mana juga terdeskripsi pada kolom sebelahnya. 
- Lingkaran biru pada tombol link url di kolom Page where found menunjukkan URL halaman blog sobat yang mengandung broken link. Bila di klik, sobat akan dibawa ke halaman tersebut. 
- Lingkaran hitam pada tombol link src di kolom Page where found menunjukkan secara detail bagian dari halaman yang mengandung broken link. Jika di klik, akan tampil beberapa baris HTML yang menunjukkan dimana persisnya link rusak itu berada. Lihat gambar : 


HTML lokasi broken link

Bila diperhatikan seksama HTML yang mengandung broken link, diatas ditandai dengan warna merah muda dan biasanya memang seperti itu. 

Sampai disini kita sudah berhasil menemukan dan mendapatkan daftar dari link-link yang tidak valid di blog kita. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya ? 

Langkah Kedua : Menghapus Broken Link 

HTML broken link yang ditampilkan oleh situs pendeteksi tadi tentunya tidak bisa langsung dihapus karena sifatnya yang view only. Sobat harus masuk ke akun blog sobat dan memperbaikinya dari dalam berdasarkan referensi yang ditampilkan tadi. Sebagai contoh, jika link rusak tersebut misalnya ditemukan di bagian komentar dari blog berplatform blogspot, setelah masuk ke akun blogger, lalu menuju ke halaman blog yang mengandung broken link sobat akan mendapatkan icon tempat sampah di setiap bagian akhir komentar. Sobat tinggal klik, dan hapus selamanya komentar yang mengandung link invalid tersebut. 
Cara lainnya, sobat bisa juga memanfaatkan webmaster tools yang disediakan oleh google. Untuk detailnya akan saya sajikan pada artikel berikutnya. 

Selama ini mungkin kita memandang broken link ini sebagai hal remeh dan tidak terlalu penting untuk diperhatikan karena memang efeknya yang tidak dramatis dan langsung tampak pada blog. Namun, jika dalam waktu yang lama terus didiamkan dan tidak ditangani dengan rutin, perlahan blog sobat akan terus berkurang pengunjungnya dan makin tidak menarik di mata Search Engine. 

Jadi, segeralah temukan dan hapus seluruh broken link yang mungkin terdapat pada blog sobat.

Baca Juga Coretan Terkait:

4 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)