Kamis, Agustus 29, 2013

Blog Maintenance di Antara Soal SEO dan Traffic

Bagaimana cara optimasi blog agar SEO Friendly dan mampu menjaring trafik yang tinggi?. Kurang lebih kata kunci sejenis itulah yang sering dituliskan di kotak pencari oleh banyak blogger, termasuk saya. Tapi pertanyaan seperti “bagaimana cara merawat blog yang optimal?”, sepertinya jarang dicari dan kurang mendapat perhatian. Hal itu mungkin disebabkan karena merawat blog ini dianggap sebagai persoalan yang kurang penting atau mungkin juga karena waktu yang tersedia habis tercurah untuk urusan SEO dan kutak katik mencari trafik yang mana kedua hal tersebut memang penting. 

Membuat blog itu mudah, bahkan sangat mudah. Namun setelah itu blog juga perlu dimaintenance agar dapat bekerja sesuai dengan yang sobat kehendaki. Seperti halnya mesin atau kendaraan kesayangan yang perlu dimaintenance secara rutin agar performanya tetap prima, blog sobat pun demikian. 

Berikut ini adalah daftar hal yang penting untuk diperhatikan disamping soal SEO dan trafik:

Perbaharui Profil pada About Page
Lihat Halaman Tentang Saya di blog sobat atau lazim juga disebut About Page, apakah yang tersaji disitu sudah merupakan update terbaru tentang anda, blog anda, atau apapun terkait konten blog yang anda buat?. Seringkali dalam perjalanan blogging, konten kita makin matang dan dalam atau bahkan meluas dari tema awal. Disini pengunjung perlu diberikan informasi terbaru mengenai otoritas yang mengelola blog ini beserta highlight dari konten yang tentunya makin berisi. Dari sini pengunjung akan makin yakin atas informasi yang anda sajikan dan akan kembali lagi. 

Cek Form- form pada blog 
Jika blog sobat memiliki form tertentu misalnya form kontak, form survey, atau plugin yang digunakan untuk membuat dan mengatur form-form yang ada di blog sobat, lakukan pengecekan untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Dengan pemeriksaan rutin, sobat juga akan dapat segera mengupdate form tersebut jika seiring berjalannya waktu form lama sudah tidak relevan lagi. Ini akan membuat pengunjung blog sobat juga merasa nyaman. 

Perhatikan Menu Navigasi 
Internal link yang pasti banyak menghiasi blog sobat penting untuk diperiksa untuk memastikan mereka masih berfungsi dengan optimal. Periksa di semua bagian, di menu bagian atas, di sidebar, di footer, atau di halaman tertentu yang mungkin sobat sediakan. 

Perbaharui Plugin atau Themes 
Dengan memperbaharui Plugin atau themes yang terinstal pada blog akan memberi sobat manfaat selain mendapatkan fitur atau fungsi terbaru yang dapat mengoptimasi blog, juga dapat memperkuat keamanan dari blog sobat agar terhindar dari ancaman seperti virus, hack atau serangan virtual lainnya. Jika ada plugin yang sudah tidak dipergunakan lagi hapuskan saja agar tidak membebani performa blog. 

Periksa bagian Feeds 
Jika sobat menggunakan RSS Feed, maka pengunjung yang mendaftarkan diri akan menerima konten terupdate yang sobat publish secara otomatis. Dalam hal ini, penting pula agar anda juga ikut mendaftar pada RSS feed blog anda sendiri supaya dapat memantau jika ada sesuatu yang bermasalah pada feed seperti misalnya email yang error atau feed yang tidak berfungsi. Nah, ini berhubungan dengan point tentang update form, pastikan form dapat bekerja agar sobat tidak kehilangan trafik loyal karena saat mendaftar form tidak bekerja.

Periksa Bagian Komentar 
Sebaiknya memang kita mengaktifkan pilihan moderator pada fitur komentar agar kita dapat memfilter segala komentar yang masuk sebelum dipublish. Namun jika tidak, maka pastikan di bagian komentar agar bersih dari komentar spam atau komentar lain yang tidak berguna. Ini juga hal penting untuk menunjang performa blog.

Rapihkan bagian sidebar 
Pastikan bahwa semua tampilan di bagian sidebar merupakan elemen yang terupdate, bermanfaat dan tentunya relevan dengan tema blog sobat. Penting untuk melakukan review setiap bulan dan hapus saja tampilan yang sudah out of date sehingga konten blog sobat yang terbaik bisa lebih tampak dan menarik perhatian 

Sterilkan blog dari Broken Link
Jangan biarkan broken link menjangkiti blog sobat. Lakukan aktivitas secara rutin misalnya tiap bulan untuk menemukan dan menghabisinya. Ingatlah, broken link bisa terjadi kapan saja. Jika terlalu lama didiamkan, broken link dapat menurunkan penilaian search engine dan kepercayaan pengunjung pada blog sobat. 

Buatlah Backup Blog 
Kita tidak dapat menjamin seratus persen bahwa blog kita akan selalu aman dari eror dan berfungsi dengan baik. Jika terjadi sesuatu dan blog tidak dapat diakses tentunya kita bisa kehilangan apa yang sudah susah payah dibangun. Maka segeralah backup blog sobat, agar bila kondisi itu terjadi, sobat bisa dengan mudah memulihkannya ke kondisi semula. Banyak tools yang dapat sobat pilih untuk digunakan, tentunya disesuaikan dengan platform blog yang sobat pakai. 

Mari kita bersama lakukan blog maintenance ini secara rutin (saya juga baru mulai sob), karena itu akan mempertahankan performa blog sobat yang secara tidak langsung juga akan memberikan kontribusi yang luar biasa pada Optimalisasi posisi blog di SERP dan jumlah trafik yang loyal.

Baca Juga Coretan Terkait:

4 comments :

Poskan Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)