Senin, September 02, 2013

Menjaring Trafik dengan Mengatur Posting Blog

Fakta tentang traffic atau pengunjung blog saat ini, kebanyakan mereka cenderung tidak bertahan lama dalam menyimak informasi yang disajikan lewat suatu posting blog yang kita buat. Membaca cepat sudah menjadi tabiat pencari informasi, walaupun hal itu bukannya tidak bisa kita siasati. Kita bisa menahan trafik pembaca pada blog kita untuk tinggal lebih lama.
Bagaimana bisa ? berikut beberapa point yang sebaiknya kita terapkan bersama :
  1. Berikan Perhatian Serius Pada Judul (Judul artikel/blogpost).
    Hal pertama yang diperhatikan oleh pengunjung blog anda adalah judul suatu artikel yang anda buat. Judul yang jelas serta dapat memberikan gambaran secara singkat tentang apa yang ada dalam konten akan memudahkan para pengunjung untuk memahami apa yang anda tulis sehingga akan mendorong mereka untuk bertahan dan menikmati artikel yang anda sajikan. Dan jangan lupa sobat, search engine juga akan lebih menitikberatkan penilaiannya pada judul dibandingkan dengan konten. Tapi bukan berarti konten bisa dibuat seadanya, karena itu bisa menurunkan kredibilitas blog anda. Bisa juga anda aplikasikan teknik SEO pada waktu akan memberi judul artikel anda.

  2. Gunakan Format Heading
    Format heading yang diterapkan pada artikel akan membuat konten mudah dan nyaman untuk dibaca karena adanya headline pada setiap artikel yang dibuat. Lagi-lagi, search engine juga lebih suka pada teks yang menggunakan format heading dibandingkan dengan teks yang polos. Pokoknya mari kita buat heading yang relevan, jelas dan search engine friendly

  3. Manfaatkan Bullet atau Format Penomoran
    Untuk paragraph yang mengandung banyak informasi, supaya tidak terlihat membosankan dapat disiasati dengan penggunaan Bullet atau Format Number. Variasi ini akan memudahkan pengunjung untuk menyerap informasi yang disajikan dengan nyaman. Peningkatan trafik akan tinggal menunggu waktu 

  4. Tambahkan Gambar yang relevan Banyak yang bisa anda dapatkan dari menambah gambar yang relevan dengan postingan blog yang ada kreasikan. Gambar bisa mewakili ribuan kata dan dengan teknik yang tepat juga dapat menarik perhatian search engine. Kreasikan gambar anda sendiri, namun jika tidak mampu dan harus mengambil dari jutaan gambar yang ada di internet, anda harus memberikan perhatian pada persoalan hak cipta dan etika penggunaan gambar tersebut. 

  5. Aplikasikan Link pada postingan blog
    Menambahkan link pada anchor teks yang tepat dalam suatu artikel posting, akan membawa pengunjung blog anda ke artikel lain yang bisa jadi lebih menarik baginya. Artinya, trafik yang mengalir mengunjungi blog anda akan tetap bertahan lama dan akan kembali lagi. Search engine juga akan memberi perhatian lebih pada teks dengan link terutama yang relevan. Namun, tetap jangan berlebihan ya. 

  6. Hindari Menulis Paragraph Terlalu Panjang
    Kebiasaan pengunjung untuk membaca secara cepat atas sederet informasi yang disajikan hendaknya selalu menjadi pertimbangan kita dalam membuat suatu posting blog. Hindari membuat tulisan yang bertele-tele sehingga membuat paragraf menjadi panjang dan membosankan. Pilih kata dan kalimat yang efektif sehingga pembaca tidak lelah membaca artikel anda karena posting yang terlihat rapat dan padat tanpa ada ruang jeda (white space). 

  7. Gunakan garis tebal (Bold) atau garis miring (italic)
    Penggunaan garis tebal dan atau garis miring dibutuhkan untuk membedakan suatu teks atau kalimat yang mengandung penekanan khusus dibandingkan teks lainnya. Lakukan teknik ini seperlunya supaya jangan sampai justru mengganggu kenyamanan pembaca.
Blogging adalah seni berbagi, dan tidak banyak yang bisa kita bagi jika hanya sedikit orang yang dapat mengakses karya kita, dalam hal ini posting blog. Mudah-mudahan beberapa concern diatas tadi, dapat menjadi catatan kita bersama untuk selanjutnya mampu memaksimalkan pengaturan dan penyajian setiap posting agar blog kita dapat menjaring sebanyak mungkin trafik dan nyaman di dalamnya.

Baca Juga Coretan Terkait:

7 comments :

Poskan Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)