Sabtu, April 09, 2011

Membuat Blog Berorientasi Manfaat

Judul diatas mungkin sedikit membingungkan. Pada artikel kali ini, saya memang tidak sedang berniat membahas tentang tutorial atau cara membuat blog. Tips dan trik membuat blog dan memodifikasinya bisa dengan mudah diperoleh lewat Google atau search engine lainnya. Selain itu saya juga tidak terlalu pandai dalam urusan tutorial. Lagipula seperti pernah saya singgung pada kesempatan sebelumnya, membuat blog itu sangat mudah, nyaris tanpa kesulitan. Tantangannya justru terletak pada bagaimana mengembangkan dan memaksimalkan potensi blog yang sudah dibuat itu. Jika sobat sempat membaca tentang membuat tema blog sebagai bagian penting dari blogging, maka pada coretan sederhana kali ini saya mencoba mengajukan satu bahan pemikiran lagi mengenai prinsip manfaat yang sebisa mungkin menjadi orientasi dari blog yang kita kelola. Manfaat disini pada awalnya disediakan buat orang lain yang memerlukan informasi. Setelah itu dicapai, maka bersiaplah, karena manfaat itu akan kembali pada sobat dan jangan salahkan saya jika hasil baliknya bisa sangat luar biasa.

Sebelum saya makin ngelantur, mari kita coba pahami bersama apa maksudnya blog berorientasi manfaat itu ?. Gambaran berikut mungkin bisa membantu :

Katakanlah, saat ini sobat sedang berniat membangun rumah, sementara informasi yang sobat ketahui mengenai segala hal tentang soal membangun rumah ideal sangat minim sekali maka upaya yang pasti akan sobat lakukan adalah mengumpulkan berbagai informasi tentang seluk beluk membangun rumah dari berbagai sumber. Majalah dan Tabloid bisa menjadi pilihan, tapi biasanya ada saja yang kurang. Di era internet seperti saat ini, semua informasi tentang apapun bisa didapatkan secara detail dengan berbagai variasinya. Cukup hanya dengan mengetik kata kunci pada search engine dari informasi yang sobat butuhkan misalnya: 'membangun rumah idaman', maka dalam waktu singkat ratusan informasi dari berbagai blog atau website terkait hal tersebut langsung tersaji untuk disantap.

Sebagai pencari informasi kita pasti akan memilih sumber informasi yang paling lengkap, padat, update, mudah dipahami sekaligus menarik. Nah itu biasanya bisa kita temukan pada blog atau website yang mengkhususkan diri mengupas tentang satu tema sehingga artikelnya lengkap dan dalam. Informasinya jelas dan berkesinambungan sehingga kita betah berlama lama menyimaknya. Dalam hal ini, kita sebagai pengunjung berarti telah memetik manfaat dari blog atau website tersebut. Makin kita merasakan manfaat lebih, sudah tentu akan makin sering kita berkunjung atau bahkan membookmarknya agar tidak ketinggalan informasi terkini darinya

Di sisi lain, bagi si empunya blog atau website tersebut akan memiliki pengunjung setia. Dan bukan rahasia lagi jika kepada setiap situs yang bermanfaat dan menarik bagi banyak orang, biasanya juga akan membuat Search Engine jatuh hati dan mendudukannya pada posisi terhormat di Search Engine Result Page (SERP). Itu juga berarti sumber trafik. Selain itu, dengan lebih sering menulis atau mengupas tentang tema tertentu, maka akan makin menambah wawasan, pengetahuan dan daya analisanya. Hal ini jelas akan meningkatkan nilai tambah dari artikel yang dihasilkan sehingga makin bermanfaat bagi orang lain.

Akhirnya, jika para pengunjung dan search engine sudah jatuh hati, kemudian maintenance optimal dilakukan, baik pada tampilan blog maupun pada artikel berkualitas yang terus diupdate secara kontinyu, maka potensi blog yang berorientasi manfaat itu dijamin akan meningkat berkali lipat dibandingkan pada saat pertama kali dibuat. Ada yang punya pendapat lain ?

Baca Juga Coretan Terkait:

9 comments :

Poskan Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)