Minggu, Desember 19, 2010

Gol Christian Gonzales Lambungkan Timnas

Lewat Gol spektakuler Christian Gonzales, Tim Nasional Indonesia (Timnas) akhirnya memenuhi harapan seluruh rakyat Indonesia untuk menundukkan tim tangguh Filipina sekaligus melaju ke final Piala AFF 2010. Pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF yang kembali digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno memang telah dinantikan dengan harapan yang membuncah dari segenap lapisan masyarakat di negeri ini. Saya sendiri sebenarnya sempat sedikit khawatir, mengingat pada pertandingan sebelumnya kita hanya unggul 1 - 0 dari Filipina, tim yang saat ini level permainannya seperti tim Eropa. Lengah sedikit atau pecah konsentrasi akan bisa berakibat fatal. Bukan saja buat kelangsungan Timnas Indonesia di even ini, tapi juga bagi semangat, nasionalisme anak bangsa dan euforia kebangkitan sepakbola negeri ini.

Namun semua dijawab tuntas oleh Timnas Indonesia lewat pertarungan yang saya yakin tidak akan mudah dilupakan.

Penampilan yang terorganisir, semangat juang yang tak putus hingga peluit akhir, keberanian untuk terus bertarung dengan lawan yang memiliki postur lebih tinggi  dan kokoh adalah kesan yang saya tangkap usai menyaksikan pertarungan hidup mati Indosesia vs Filipina. Filipina dalam turnamen ini hadir laksana sebuah tim dari Eropa. The Azkals lolos ke semifinal tanpa sekalipun kalah sekaligus mencetak kemenangan mengejutkan atas Vietnam di babak penyisihan grup. Padahal Vietnam adalah juara bertahan. Dan Tim Garuda julukan Timnas Indonesia harus menghadapi lawan yang lebih tinggi, lebih berat dan lebih kokoh dari mereka ini. 

Namun semangat pantang menyerah dari pasukan merah putih asuhan Alfred Riedl ini akhirnya memaksa kebangkitan Filipina terhenti. Neil Etheridge, kiper tangguh dan tembok kokoh tim Filipina untuk kedua kalinya harus memungut bola dari gawangnya karena tak kuasa membendung tendangan keras dan spektakuler lewat kaki kiri Christian Gonzales di menit ke 43 dari luar kotak pinalti. Timnas Indonesia pun melenggang ke Final Piala AFF tahun ini, menghadapi Malaysia yang sudah lebih dulu mengatasi lawannya, Vietnam.

Gol Christian Gonzales dan penampilan Timnas Indonesia yang luar biasa sangat layak kita apresiasi. Sudah lama saya tidak menyaksikan penampilan Tim Nasional Indonesia yang penuh determinasi dan semangat juang seperti saat ini. Maju terus Garuda ! 

Baca Juga Coretan Terkait:

3 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)