Kamis, Desember 30, 2010

Timnas Indonesia Rajai Piala AFF 2010

Hasil Final Piala AFF 2010 Leg Kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno memang tidak jauh dari perkiraan. Timnas Indonesia menang 2 - 1 atas Malaysia, tapi tidak cukup untuk mengejar defisit gol yang terlanjur kita tanggung pada Final Piala AFF Leg Pertama di Stadion Bukit Jalil Malaysia. Ucapan selamat saya sampaikan kepada Malaysia. Sebagai juara baru di turnamen AFF , maka tropi dan kebanggaan layak mereka bawa ke negerinya sekaligus menutup turnamen Piala AFF 2010 . Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Timnas Indonesia telah merajai turnamen Piala AFF tahun ini. Kinerja Timnas Indonesia mengungguli Tim lain yang mengikuti kompetisi ini. Malaysia silahkan membawa pialanya karena aturan turnamennya memang begitu. Tapi jika melihat fakta dan data, sebenarnya Pasukan Garudalah yang menjadi raja

Kita bisa mencermati penampilan Timnas Indonesia dari dua sudut pandang. Realistis dan Andaiistis

- Secara Realistis :

1.  Timnas kita tidak melewatkan satu babakpun yang digelar ( Terang aja ..masuk final gitu loh!)

2.  Para punggawa pasukan garuda membukukan produktivitas gol paling tinggi dari seluruh kontestan ( 17 gol )

3. Gawang Timnas 'hanya' kebobolan 6 gol, sementar finalis lainnya yang sekarang membawa pulang piala AFF kebobolan sampai 8 gol selama turnamen

4. Kita mencatat kemenangan 6 kali dan kalah hanya sekali, sementara Malaysia hanya mencatat 4 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah. Jika meminjam perhitungan kompetisi maka poin Timnas Indonesia 18 dan Malaysia 13.

5. Head to Head dengan Malaysia kita unggul 2 -1 dengan aggregat gol 7 - 6.

Plus rekor sempurna selama bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno selain juga memiliki rakyat (supporter) yang paling spektakuler dan mencintai Timnasnya.

- Secara Andaiistis : 

Skor Final Leg Kedua  2 - 1 untuk kemenangan Timnas Indonesia, tapi jika :

1. Pinalti Firman Utina masuk

2. Kesalahan elementer di daerah pertahanan tidak terjadi.

Maka, skor akhir akan berubah dan kita bisa memaksakan perpanjangan waktu. Nah di babak perpanjangan waktu ini, saya serahkan pada sobat semua untuk meneruskan kelanjutannya. :)

Saya membuat catatan asal ini bukan untuk menghibur diri sebab gelar juara tidak jatuh ke pangkuan kita. Menghibur diri cuma untuk yang kecewa atau sedih. Dan sebenarnya tidak ada alasan untuk kita kecewa atau sedih. Adapun kita tidak menjadi juara pada turnamen ini, sepertinya karena kita belum diijinkan untuk menjadi juara. Mungkin menurut Sang Maha Sutradara, akan lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya jika Timnas Indonesia diijinkan juara tahun ini. Tapi ikhtiar yang dilakukan Pasukan Garuda tetap menunjukkan hasil yang membanggakan.

Coba sobat simak deh sekali lagi  catatan diatas. Saya hanya mencoba menunjukkan bahwa Timnas Indonesia saat ini bukanlah tim kacangan lagi. Kita hanya kalah sekali yang sayangnya memang, terjadi di final dan dengan jumlah gol kelewat batas pula. Tapi diluar itu, Timnas Indonesia telah merajai Piala AFF 2010. 

Baca Juga Coretan Terkait:

24 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)