Sabtu, Maret 05, 2011

Beberapa Penyebab Pagerank Blog Jadi Turun (Drop)

Jika kita bicara tentang beragam cara untuk meningkatkan Pagerank Blog, tak bisa kita abaikan untuk juga mengenali berbagai penyebab yang dapat membuat Pagerank blog kita menjadi turun, bahkan membenamkan PR blog dalam jurang N/A (Pagerank Not Available). Jika hal yang pertama adalah tentang apa yang harus kita pelajari dan sedapat mungkin dipraktekkan, hal yang disebut belakangan tadi mesti kita kenali juga lebih dalam namun justru untuk kita hindari. Seperti orang menyetir, dengan menguasai keduanya membuat blog kita bisa terus melaju kencang, sambil tetap lincah menghindari lubang lubang jalan yang menganga. Lubang ini merupakan ancaman bagi Pagerank blog kita. Apa saja yang menjadi ‘lubang lubang’ itu ?

1. Copy Paste Total Konten Blog Lain
Begitu hal ini kita lakukan, search engine akan mengenali dan menstempel artikel tersebut sebagai duplikat konten. Seperti kita tahu duplikat konten adalah suatu hal yang sangat tidak bisa ditolerir oleh Google Search Engine karena selain berarti membajak hasil karya orang lain, tidak ada nilai tambah atau manfaat dari konten hasil copas ini. Adakalanya artikel duplikat mendapat posisi yang lebih baik di SERP dibanding artikel aslinya, tapi itu tak akan permanen karena dalam kasus seperti ini pihak yang dirugikan dapat mengajukan pengaduan kepada DMCA berwenang.

2. Tidak Konsisten Untuk Update Artikel Segar
Layaknya tanaman, Blog juga harus disirami secara rutin dan diberi pupuk yang baik agar dapat tumbuh subur. Jarak waktu yang terlalu lama antar posting, membuat blog kita dianggap tidak up to date dan terlihat pasif. Jadi tetaplah update blog dengan artikel yang berkualitas. Dan jika sobat membutuhkan waktu untuk melakukan riset terlebih dahulu atas topik yang ingin ditulis agar berkualitas, jangan berlarut larut sehingga bisa membuat sobat jadi lupa untuk update fresh content.

3. Optimasi Over Dosis
Apapun yang berlebihan pada akhirnya akan berakibat buruk. Demikian pula dengan Optimasi yang dilakukan pada blog sobat. Konsep Search Engine Optimation (SEO) tetap harus dikenali batasannya agar blog kita tidak terjerumus ke dalam Over Dosis ini. Karena ketika kita melakukan optimasi yang berlebihan, Search Engine bisa jadi akan memberikan ‘hukuman’ karena menganggap hal tersebut sebagai tindakan spam. Banyak blogger yang sudah mengalami hal ini, terutama pada blog yang diikutkan pada kontes SEO dimana satu Keyword dilombakan untuk mencari peserta yang paling baik posisinya di SERP.

4. Terlalu Banyak Link Keluar
Jika sobat mendapatkan Link Satu Arah (One Way Link) dari situs lain, terutama yang temanya serupa, itu adalah hal yang sangat bagus. Namun sebaliknya jika sobat memberikan Link satu arah ke situs lain, apalagi jika terlalu banyak, maka itu akan berpengaruh kurang baik pada PageRank blog sobat. Contoh Obral Outbound Link dapat kita lihat pada blog dofollow dan blog yang di monetisasi pada program Paid To Review atau Jualan Link. Pengunjung dan Dolar terkumpul, namun resikonya Page Rank bisa kena hantam Google.

5. Waspadai Broken Link
Secara sederhana Link rusak (Broken Link) dapat dijelaskan sebagai link yang tidak ditemukan halamannya ketika diklik. Biasanya ditandai dengan munculnya keterangan seperti not found, error not found, halaman tidak ditemukan, error not found 404, suspended dan lain lain. Link rusak ini bisa bersumber dari halaman lain dari blog kita sendiri (internal) atau yang mengarah ke blog lain (eksternal). Secara berkala, kita perlu melakukan sweeping terhadap link link yang terdapat pada blog kita untuk mendeteksi atau menggunakan tools pengecek dan penghapus broken link.

Sementara, kelima hal ini dulu yang dapat saya sharing kepada sobat sekalian. Sebenarnya masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan blog kita jadi kurang populer di mata search engine dan berefek pada turunnya PageRank. Pada kesempatan lain, mudah mudahan saya bisa lanjutkan. Saya  mesti mempelajari dahulu, setelah sedikit paham nanti, akan saya tulis untuk sama sama kita diskusikan.

Namun 5 hal tersebut diatas tadi, bisa jadi merupakan daftar teratas (lima besar)yang perlu diwaspadai sebagai Penyebab Turunnya PageRank Blog sobat.

Baca Juga Coretan Terkait:

7 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)