Rabu, November 04, 2009

Kerja Keras Saat Pagerank Berubah N/A

Di sela serunya kontes blog Kerja Keras Adalah Energi Kita, saya ingin cerita sedikit tentang Pagerank blog ini. Bukan cerita panas memang, tapi lumayan bikin hangat. Sempat hampir sebulan Page Rank blog ini berubah dari PR 2 menjadi PR N/A. Kejadian yang mengenaskan ini terjadi tepat pada 1 Oktober 2009 saat saya baru saja memposting tentang data gempa padang. Kaget ? sudah pasti !. Gimana nggak, lagi seneng senengnya punya blog PR 2 tiba tiba dihempas badai PR N/A (Not Available). Padahal, butuh kerja keras dan kesabaran untuk mendapatkan Pagerank 2 itu. Dan Mbah Google dalam sekejap menghempaskan jerih payah dan kerja keras blogger pemula ini dengan sistem kalkulasinya yang makin canggih tapi tetap masih jadi misteri buat saya. Ya sudah, ini artinya saya dipaksa untuk mengevaluasi gaya blogging saya

Setelah merenung sambil penasaran, ada beberapa catatan kronologis yang mungkin menjadi penyebab Pagerank saya berubah jadi N/A.

1. Terhitung sejak 19 Juli 2009 hingga 30 Agustus 2009, itu berarti satu setengah bulan saya absent posting alias tidak ada update artikel

2. Update pas akhir agustus itupun artikel review untuk program PTR (Paid To Review), lalu tidur lagi. Kerja keras berhenti. Blog inipun kekeringan artikel segar.

3. Usai Lebaran, sekitar 22 September berarti hampir sebulan kemudian baru ngepost lagi, tapi itupun artikel berbau dolar. Sampai dua Job artikel.
Sejak itu, saya mulai kerja keras posting lagi untuk menjaga kesuburan blog ini. Sampai dengan postingan tentang Miyabi alias Maria Ozawa yang tua renta pada akhir September lalu , PR blog ini masih baik baik saja walaupun Alexa Ranknya terus membesar.
 

Berarti kalau dilihat secara akumulasi, bisa dibilang saya sempat vakum cukup lama dalam merawat blog ini. Artikel orisinil yang seharusnya sering update, terabaikan. Pada saat saya sadar dan hendak menutupi kesalahan itu, ternyata sudah terlambat. Di depan mata saya Mbah Google keburu memberi teguran yang pahit.

Dari kejadian tersebut, saya terus mencari informasi sebagai bahan pelajaran untuk menjawab misteri dari kejadian yang mengecewakan ini, sambil tetap kerja keras untuk mengembalikan PR blog ini dengan jalan update posting kontinyu plus rajin blogwalking serta memeriksa link external yang ternyata beberapa memang sudah tidak bisa diakses, entah kenapa.

Kerja Keras saya Alhamdulillah membuahkan hasil. Tanggal 1 November kemarin PR saya pulih kembali, bahkan bertambah satu jadi PR 3. Kok bisa ? saya sendiri belum bisa menjelaskan secara pasti, semua hanya kira kira.

Adakah sobat pernah mengalami hal tersebut ? Kalau pernah, akan sangat berharga jika sobat bisa berbagi disini tentang sebab dan cara mengatasi PR yang berubah jadi N/A ?

Baca Juga Coretan Terkait:

15 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)