Rabu, November 04, 2009

Kerja Keras Saat Pagerank Berubah N/A

Di sela serunya kontes blog Kerja Keras Adalah Energi Kita, saya ingin cerita sedikit tentang Pagerank blog ini. Bukan cerita panas memang, tapi lumayan bikin hangat. Sempat hampir sebulan Page Rank blog ini berubah dari PR 2 menjadi PR N/A. Kejadian yang mengenaskan ini terjadi tepat pada 1 Oktober 2009 saat saya baru saja memposting tentang data gempa padang. Kaget ? sudah pasti !. Gimana nggak, lagi seneng senengnya punya blog PR 2 tiba tiba dihempas badai PR N/A (Not Available). Padahal, butuh kerja keras dan kesabaran untuk mendapatkan Pagerank 2 itu. Dan Mbah Google dalam sekejap menghempaskan jerih payah dan kerja keras blogger pemula ini dengan sistem kalkulasinya yang makin canggih tapi tetap masih jadi misteri buat saya. Ya sudah, ini artinya saya dipaksa untuk mengevaluasi gaya blogging saya

Setelah merenung sambil penasaran, ada beberapa catatan kronologis yang mungkin menjadi penyebab Pagerank saya berubah jadi N/A.

1. Terhitung sejak 19 Juli 2009 hingga 30 Agustus 2009, itu berarti satu setengah bulan saya absent posting alias tidak ada update artikel

2. Update pas akhir agustus itupun artikel review untuk program PTR (Paid To Review), lalu tidur lagi. Kerja keras berhenti. Blog inipun kekeringan artikel segar.

3. Usai Lebaran, sekitar 22 September berarti hampir sebulan kemudian baru ngepost lagi, tapi itupun artikel berbau dolar. Sampai dua Job artikel.
Sejak itu, saya mulai kerja keras posting lagi untuk menjaga kesuburan blog ini. Sampai dengan postingan tentang Miyabi alias Maria Ozawa yang tua renta pada akhir September lalu , PR blog ini masih baik baik saja walaupun Alexa Ranknya terus membesar.
 

Berarti kalau dilihat secara akumulasi, bisa dibilang saya sempat vakum cukup lama dalam merawat blog ini. Artikel orisinil yang seharusnya sering update, terabaikan. Pada saat saya sadar dan hendak menutupi kesalahan itu, ternyata sudah terlambat. Di depan mata saya Mbah Google keburu memberi teguran yang pahit.

Dari kejadian tersebut, saya terus mencari informasi sebagai bahan pelajaran untuk menjawab misteri dari kejadian yang mengecewakan ini, sambil tetap kerja keras untuk mengembalikan PR blog ini dengan jalan update posting kontinyu plus rajin blogwalking serta memeriksa link external yang ternyata beberapa memang sudah tidak bisa diakses, entah kenapa.

Kerja Keras saya Alhamdulillah membuahkan hasil. Tanggal 1 November kemarin PR saya pulih kembali, bahkan bertambah satu jadi PR 3. Kok bisa ? saya sendiri belum bisa menjelaskan secara pasti, semua hanya kira kira.

Adakah sobat pernah mengalami hal tersebut ? Kalau pernah, akan sangat berharga jika sobat bisa berbagi disini tentang sebab dan cara mengatasi PR yang berubah jadi N/A ?

15 komentar:

  1. yup. tidak update pasti effectnya ke traffic, apalagi blog yang tidak mengandalkan google sebagai referral-nya. saya juga mengalami hal yang sama.
    sekarang PR 4 dari sebelumnya N/A. cuma AR yang masih di atas sejuta padahl sebelumnya sudah sampai 180ribuan. nasib.... berjuang sama2 lagi pak....

    btw, protes nih pak... :)) kok link tidak dipasang di widget halaman depan (index page) pak? konon nilainya beda lho dengan link di dalam post :)

    BalasHapus
  2. wah, ditunggu caranya bikin PR 3 mas Ruli, biar Newbie ini tau :)
    mas.. mohon izin link saya di LinkSobat mas Ruli, punya mas sudah saya link di blog saya..
    Terima Kasih ^_^

    BalasHapus
  3. Wah hebat bro, semangat terus moga naik lagi PRnya :)

    BalasHapus
  4. behhh manteb mas PRnya dah 3, terus selanjutnya mau di apakan blognya ? hehe :)

    BalasHapus
  5. @sibaho way : mantap bang...PR4 kereen. Protes diterima bang :). Mohon maaf saya belum sempet bikin blogroll di halaman depan, soale tempatnya sempit :))
    gpp ya bang, bonusnya dofollow dulu ya ;)

    BalasHapus
  6. @Nyubi : Hehe saya sendiri masih bingung mas,pokoknya sering posting aja dan cari backlink. Untuk link gmn kalo link mas saya pasang di blog saya yang lain. tapi sejenis dgn blog mas :)

    @Cak Win : Thanx cak :) sukses juga ya

    @torik : Maunya sih dikomersilin mas he he:)

    BalasHapus
  7. waduh klo blog saya, mulai daftae akun blogger bulan maret ampe skr PR na masi N/A, npa ya ada yg isa bantu ga
    malah skr tambah mslh baru yaitu ga isa edit di bag blog post, karena saat di save muncul kode BR-....(lupa hehe)jadi ads google di postingan ga isa di edit

    BalasHapus
  8. Thank's buat info nya mas ! , sangat membantu !

    BalasHapus
  9. Payah om google, kejadiannya saya dengan cerita di atas.... jadi N/A blog saya sekarang padahal belum sebulan merasakan PR 2..... sabar aja deh :) thanks ya teman infonya.

    BalasHapus
  10. gak tau jg punya sy juga sob PR nya jd nol lg, krn bebrapa hr gak sign in blog

    BalasHapus
  11. aku juga pernah ngalamin sama kayak mas..!! PR ku dah 3 tiba" jadi N/A
    gara" udah ga update selama 3 bulan!!
    dan sekarang masih usaha terus n rajin posting

    BalasHapus
  12. Mas,saya juga sedang mengalami pagerank N/A nih,iya saya tabah saja,sekarang lebih aktif lagi kegiatan update artikel sama blogwalkingnya :D

    BalasHapus
  13. pas datang kesini PR nya jadi N/A lagi nich bos. tapi ada bagusnya, karena posting PR N/A itu blog ini bisa tampil no 1 untuk keyword penyebab PR jadi N/A do google search page result :)

    BalasHapus
  14. thanks dah share :D

    BalasHapus
  15. blog saya ini sudah 3 bulan tapi tetap prnya n/a kenapa ya? blz ke blog saya ya.. please... :((

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)