Selasa, Maret 15, 2011

Daftar Untung Rugi Blog Dofollow

Konsep Dofollow yang diaplikasikan pada blog, saat ini masih menjadi pembicaraan yang menarik. Sikap para bloggerpun terbelah menjadi beberapa kelompok. Ada yang setuju kemudian menerapkannya. Ada pula yang setuju tapi hanya untuk diterapkan pada blog orang lain bukan untuk blognya. Ada yang tidak setuju dan tetap konsisten menjaga kode etik blogger. Lalu ini yang paling menarik (mungkin paling banyak), yaitu kelompok yang tidak setuju, tidak menerapkan, tapi gencar berburu backlink dari blog yang menganut paham dofollow. Tidak ada larangan soal berburu backlink. Yang disesalkan jika para pemburu ini hanya menjadikan blog dofollow sebagai ladang spam dengan menebar komentar yang tidak relevan dan tidak memberikan nilai tambah bagi pemilik blog. Tindakan ini, sadar atau tidak telah mengambil keuntungan sepihak dari kebaikan orang lain.

Mencoba memahami soal konsep dofollow ini, berikut saya coba sajikan bagi para sobat tercinta, daftar keuntungan yang bisa diperoleh serta kerugian yang harus ditanggung dari blog penganut paham Dofollow :

KEUNTUNGAN (KELEBIHAN) :
  1. Ranking Alexa dari blog dofollow umumnya akan cepat meningkat menjadi lebih baik (mengecil, mendekati ranking 1 (satu)), karena pengunjungnya cenderung ramai. 
  2. Aliran Traffic blog dofollow biasanya sangat bagus walaupun agak lama tidak update postingan. Daya tariknya tentu saja backlink gratis cukup dengan memberikan komentar. 
  3. Jumlah komentar akan banyak sehingga mengesankan blog tersebut banyak peminatnya..
  4. Url dari blog dofollow lazimnya akan banyak tersebar di banyak situs. Terutama situs yang secara khusus dan rutin memberikan informasi tentang daftar blog dofollow bagi para pengunjungnya. Ini merupakan promosi yang baik, sehingga makin banyak yang akan mengenal blog sobat. Jika konten blog sobat unik dan menarik, bukan mustahil mereka akan sering kembali bukan sekedar untuk mencari backlink melainkan lebih dari itu.
KERUGIAN (KEKURANGAN) :
  1. Google Page Rank akan berpotensi lebih cepat turun karena banyaknya link yang diberikan kepada situs lain (Outbound Link). Jika tidak diimbangi dengan aktivitas untuk mendapatkan link dari luar atau membangun link internal, efek negatif ini akan cepat ditanggung blog sobat pada saat Google melakukan update pagerank 
  2. Kualitas Pengunjung didominasi oleh mereka yang memiliki motivasi untuk mendapatkan backlink sehingga artikel yang disajikan cenderung dibaca secara fast reading
  3. Kualitas Komentar kebanyakan rendah. Jarang yang memberikan komentar berkualitas sesuai dengan topik yang dibahas karena membacanya ngebut sehingga hanya menangkap isi artikel sekedarnya saja.
  4. Blog Dofollow sangat berpotensi dijadikan sebagai ladang spam. Ini terkait dengan point 2 dan 3
Sekarang, tinggal pertimbangan sobat untuk memutuskan apakah akan mengikuti atau meninggalkan konsep Dofollow ini. Saya sendiri masih bertahan dengan menjadikan ravatar (maunya).com ini sebagai blog dofollow. Kenapa saya sebut bertahan ? karena serangan saudaraku para spammer belakangan ini makin merepotkan dan memaksa saya untuk menscreening dahulu setiap komentar yang masuk.

Sekarang, bagaimana jika kita diskusikan dan saling berbagi pengalaman saja tentang Daftar Keuntungan dan Kerugian Blog Dofollow seperti diuraikan diatas.

Baca Juga Coretan Terkait:

17 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)