Selasa, Maret 15, 2011

Daftar Untung Rugi Blog Dofollow

Konsep Dofollow yang diaplikasikan pada blog, saat ini masih menjadi pembicaraan yang menarik. Sikap para bloggerpun terbelah menjadi beberapa kelompok. Ada yang setuju kemudian menerapkannya. Ada pula yang setuju tapi hanya untuk diterapkan pada blog orang lain bukan untuk blognya. Ada yang tidak setuju dan tetap konsisten menjaga kode etik blogger. Lalu ini yang paling menarik (mungkin paling banyak), yaitu kelompok yang tidak setuju, tidak menerapkan, tapi gencar berburu backlink dari blog yang menganut paham dofollow. Tidak ada larangan soal berburu backlink. Yang disesalkan jika para pemburu ini hanya menjadikan blog dofollow sebagai ladang spam dengan menebar komentar yang tidak relevan dan tidak memberikan nilai tambah bagi pemilik blog. Tindakan ini, sadar atau tidak telah mengambil keuntungan sepihak dari kebaikan orang lain.

Mencoba memahami soal konsep dofollow ini, berikut saya coba sajikan bagi para sobat tercinta, daftar keuntungan yang bisa diperoleh serta kerugian yang harus ditanggung dari blog penganut paham Dofollow :

KEUNTUNGAN (KELEBIHAN) :
  1. Ranking Alexa dari blog dofollow umumnya akan cepat meningkat menjadi lebih baik (mengecil, mendekati ranking 1 (satu)), karena pengunjungnya cenderung ramai. 
  2. Aliran Traffic blog dofollow biasanya sangat bagus walaupun agak lama tidak update postingan. Daya tariknya tentu saja backlink gratis cukup dengan memberikan komentar. 
  3. Jumlah komentar akan banyak sehingga mengesankan blog tersebut banyak peminatnya..
  4. Url dari blog dofollow lazimnya akan banyak tersebar di banyak situs. Terutama situs yang secara khusus dan rutin memberikan informasi tentang daftar blog dofollow bagi para pengunjungnya. Ini merupakan promosi yang baik, sehingga makin banyak yang akan mengenal blog sobat. Jika konten blog sobat unik dan menarik, bukan mustahil mereka akan sering kembali bukan sekedar untuk mencari backlink melainkan lebih dari itu.
KERUGIAN (KEKURANGAN) :
  1. Google Page Rank akan berpotensi lebih cepat turun karena banyaknya link yang diberikan kepada situs lain (Outbound Link). Jika tidak diimbangi dengan aktivitas untuk mendapatkan link dari luar atau membangun link internal, efek negatif ini akan cepat ditanggung blog sobat pada saat Google melakukan update pagerank 
  2. Kualitas Pengunjung didominasi oleh mereka yang memiliki motivasi untuk mendapatkan backlink sehingga artikel yang disajikan cenderung dibaca secara fast reading
  3. Kualitas Komentar kebanyakan rendah. Jarang yang memberikan komentar berkualitas sesuai dengan topik yang dibahas karena membacanya ngebut sehingga hanya menangkap isi artikel sekedarnya saja.
  4. Blog Dofollow sangat berpotensi dijadikan sebagai ladang spam. Ini terkait dengan point 2 dan 3
Sekarang, tinggal pertimbangan sobat untuk memutuskan apakah akan mengikuti atau meninggalkan konsep Dofollow ini. Saya sendiri masih bertahan dengan menjadikan ravatar (maunya).com ini sebagai blog dofollow. Kenapa saya sebut bertahan ? karena serangan saudaraku para spammer belakangan ini makin merepotkan dan memaksa saya untuk menscreening dahulu setiap komentar yang masuk.

Sekarang, bagaimana jika kita diskusikan dan saling berbagi pengalaman saja tentang Daftar Keuntungan dan Kerugian Blog Dofollow seperti diuraikan diatas.

17 komentar:

  1. kalau saya biarlah nofollow daripada dofollow.tapi untung juga blog dofollow karena kadang-kadang link blognya dibuat disuatu blog yang prnya tinggi sebagai daftar blog dofollow.salam kenal.

    BalasHapus
  2. pertamax...hehehe...aq ru buat blog nech,,jd mhn bimbinganya,trims...

    BalasHapus
  3. Kalo pendapat saya sih lbh baik bertahan. Saya rasa keuntungan lbh banyak dibandingkan kerugiannya.

    BalasHapus
  4. saya dukung gan...tetap dijalur dofollow...salam kenal gan

    BalasHapus
  5. untuk kekurangan bener gan, ada salah satu web yang sering komen hanya berburu backlink..jadi klo saya bilang kurang apa, yah begitulah deh..bagus infonya, sukses terus gan

    ditunggu kunjungannya dan follow backnya ya gan,

    BalasHapus
  6. Thanks kawan untuk infonya, kalo sekarang seh blog sya masih nofollow, rcna mau ganti neh, tapi..... salam kenal, ditunggu kubalnya

    BalasHapus
  7. sy sudah merasakan efek dofollow terhadap PR Google... akhirnya jadi nofollow lagi deh :D

    BalasHapus
  8. makasih atas infonya saya banyak tahu mengenai hal tersebut.......
    saya sangat suka informasinya tersebut makasih banyak......

    janagan lupa lihat juga blogku.......

    http://aboutinstallationlinux.blogspot.com/

    makasih

    BalasHapus
  9. nice infonya...
    makasi...

    BalasHapus
  10. Pakai memodersai komentar gan...
    jadi bisa meminimalisir kemungkinan spaming
    thanks...

    BalasHapus
  11. Sebelumnya minta maaf dan minta izin sob sdh menyertakan link blognya di salah satu postingan saya yaitu daftar blog dofollow terbaru. Sehubungan dengan topik yg lagi dibahas, saya sendiri masih bingung2 dan ragu tentang blog dofollow dalam menanggapi artikel2 yg saya kunjungi di blog lain. Ada pula yg sempat bilang begini "Blog dofollow itu tidak direkomendasikan oleh pihak Google" dan itu masih menjadi pertanyaan saya selama ini. Dengan berbagai pertimbangan yg saya ambil, saya pun memutuskan untuk men-dofollow-kan blog saya dan mudah2n saya tetap konsisten dalam jalan yg saya ambil ini dalam dunia blogging. Hehehe....

    Ada perubahan tersendiri memang yg saya rasakan pada blog saya setelah saya dofollow-kan. Dan untuk menanggapi komentar2 yg masuk itu terkadang pula saya bingung ketika menghubungkan komentar yg "mereka" tinggalkan dengan topik yg sementara di bahas. Jadi dilema juga sih.

    Salam Blogger
    U Comment I Follow

    BalasHapus
  12. keduanya punya keuntungan dan kerugian ...
    tinggal gimana adminnya ajah bisa mensiasati dan memanfaatkan peluang dan sedikit mengakalai agar semua akan baik-baik saja..
    klo untuk saya sih masih belum berani untuk merubah blog saya menjadi dofollow

    BalasHapus
  13. Karena blog baru maka setingan blog saya saat ini adlh dofollow. Meski begitu, sistem verifikasi dan moderasi yg ketat ttp saya terapkan.
    Thanks masta, artikelnya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  14. sepakat semua ada untung dan ruginya, salah satu yang untung adalah dofollow sangat disukai oleh para pemburu backlink...he

    BalasHapus
  15. Hmmm untuk kerugian ada benernya juga sih, mau gak kita juga nyari backlink di blog orang lain deh.

    Mungkin gak yah website dijadikan dofollow?

    BalasHapus
  16. setuju banget mas, kalau saya kebih memilih membuat blog dofollow saja, tapi maaf gan mau tanya kalau misalkan gonta ganti yang asalnya nofollow menjadi dofollow dan satu bulan kemudian diganti lagi menjadi nofollow, apakah hal tersebut akan berdampak negatif atau tidak apa-apa..???
    karena saya masih newbie gan mohon pencerahannya ya :D

    BalasHapus
  17. Terima kasih atas pencerahan Anda tentang Dofollow & Follow. Di ravatar.blogspot.com, ini Saya sedikit mengerti manfaat & kerugianya dari kedua metode yang tersebut di atas. Note: Apabila ada kesempatan tolong bagikan juga bagaimana membuat blog agar Dofollow, ini yang saya masih belum paham. Best Regards Online Travel Agencies

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)