Minggu, April 17, 2011

Blogging Tes, Seberapa Blogger-kah Kita ?

Sebagian besar sobat yang berkunjung ke ravatar (maunya).com ini saya yakin pastilah seorang blogger. Jangan ditanya saya bisa tahu dari mana karena saya memang tidak pernah melakukan survey. Dasar ilmiahnya hanya saya sandarkan pada metode sok tahu. Metode yang saya sangat anjurkan untuk tidak ditiru. Padahal, widget untuk melakukan pooling itu banyak terserak di jagad blogsphere, namun tidak pernah bisa kesampaian untuk diselipkan di sidebar blog sederhana ini. Alibinya klise, sibuk, sehingga tidak cukup waktu. Walah, padahal inginnya disebut blogger. Nah, sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka mengetahui berapa ‘karat’ kadar kebloggeran saya dan karena sobat juga sudah terlanjur membaca paragraf ini, jadi mari sama sama kita simak dan jika berkenan silahkan dijawab sendiri di dalam hati tujuh(7) butir refleksi iseng berikut ini berkenaan dengan aktivitas blogging kita.

1. Apakah kita benar benar menikmati pada saat sedang menulis ?

Blog itu sarana. Buah pikiran, sharing pengalaman atau mungkin curahan hati adalah kontennya. Bagaimana semua hal itu bisa tertuang di blog sobat, jika tidak ditulis. Jantung blogging adalah aktivitas menulis. Jika kita tidak menikmati pada saat membuat tulisan, maka kemungkinan besar kita tidak bisa menikmati blogging karena dirasa sebagai tuntutan atau beban. Kalau sudah begini, karya kitapun akan kurang maksimal untuk dinikmati orang lain

2. Pesan apa yang ingin kita sampaikan ?
Membuat sebuah blog hanya karena kelihatannya akan menyenangkan, bisa jadi justru akan jatuh menjadi aktivitas yang tidak produktif alias buang waktu jika kita tidak memiliki benang merah atau pesan apa yang ingin kita sampaikan pada dunia. Pesan ini jika digali akan menimbulkan manfaat bagi banyak orang sehingga akan berlanjut dengan saling berinteraksi. Komunikasi dan Networking pun bisa terjalin bukan ?

3. Apakah kita komunikator yang handal ?
Jangan berpikiran bahwa hanya orang orang dengan kemampuan komunikasi yang handal saja yang boleh dan bisa berhasil membangun blog. Dari sudut pandang yang lain blog ini justru bisa menjadi suatu alat bagi kita untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan (ide). Namun, jika kita sebelumnya sudah memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka itu adalah suatu keuntungan pada saat hendak memulai blogging.Orang lain akan lebih mudah menangkap apa yang kita sampaikan.

4. Apakah kita bisa disiplin?
Jika aktivitas blogging kita tidak ingin sia sia, maka kita harus memberi perhatian lebih pada blog yang akan atau sudah kita bangun. Pertanyaannya, Apakah kita akan mampu terus memotivasi diri untuk menulis sesuatu yang baru setiap hari? Atau paling tidak secara rutin 2 – 3 kali seminggu ? Hayoo..

5. Apakah kita punya cukup waktu ?
Untuk saya pribadi, pertanyaan ini sudah saya jawab sendiri di paragraf pembuka walaupun sambil malu malu. Waktu masih menjadi kendala utama saya walaupun mungkin malah manajemen waktu saya yang memang parah. Kenapa waktu penting ? Karena terkait dengan kebutuhan untuk update blog secara teratur, adalah kenyataan bahwa ini jelas membutuhkan waktu. Selain itu juga waktu untuk memoderasi komentar, merespon pertanyaan pembaca, membaca posting blogger yang lain, membangun jaringan dengan blogger lain, dan lain lain

6. Apakah kita memiliki kemauan untuk selalu belajar ?
Blogging dapat kita lihat seperti suatu perjalanan dimana didalamnya, setiap orang bisa menguasai tentang suatu hal, tetapi fakta juga berbicara bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui tentang segala hal. Terkait hal tersebut, para blogger terbaik, selalu melakukan dua hal berikut :

Pertama, Selalu berbagi tentang apa yang mereka tahu
Kedua, Selalu berusaha mencari tahu tentang apa yang orang lain ketahui dan bahkan mempromosikannya.

Berangkat dari kedua hal tersebut, semua orang harus mau belajar, bahkan  bagi mereka yang sudah ahli sekalipun.

7. Apakah anda suka membaca dan menikmatinya?
Dalam blogging, memiliki kemampuan menulis yang bagus jelas sangat membantu, namun jangan abaikan pula kemampuan untuk membaca dan memahami apa yang orang lain tulis. Kekuatan tulisan kita, sangat dipengaruhi pula dari apa yang kita baca karena dari sanalah salah satu sumber pengetahuan kita, selain pengalaman. Para blogger yang berpengalaman rata-rata menghabiskan waktu lebih banyak untuk membaca dibanding membuat tulisan. Tapi setelah tulisannya jadi, bisa sangat mempengaruhi orang lain.

Wah sudah tujuh, apa lagi ya ? kelihatannya ini dulu yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini.. Mohon dimaklumi jika dipandang terlalu sedikit dan masih dangkal ulasannya. Maklumlah, namanya masih belajar. Tapi dari yang sedikit ini, mungkin bisa menjadi masukan juga bagi sobat sekalian yang saat ini sedang menikmati aktivitas bloggingnya atau bahkan bagi yang baru ingin memulai. Artikel Blogging tes ini mengambil referensi dari paparan Darren Rowse, seorang full time blogger yang merupakan salah satu blogger terkemuka di dunia.

26 komentar:

  1. thanks atas infonya..

    BalasHapus
  2. thanks Info nya gan sangat bermanfaat semoga bermanfat tuk yg lain nya juga ya gann , salam kenal good luck always

    BalasHapus
  3. wew
    semuanya Rusa banget
    berarto Rusa udah blogger bgt ya mas :D

    BalasHapus
  4. thanks dah sharing,menambah wawasan saya....
    salam kenal

    BalasHapus
  5. nice to info,thanks for Sharing sangt bermanfaat buat saya salam kenal

    BalasHapus
  6. SALAM KENAL MAS....
    overall, it's great article indeed...GOOD LUCK...

    BalasHapus
  7. salam kenal, mari mencatat dalam blog

    BalasHapus
  8. makasieh gan infonya salam kenal aj gan,

    BalasHapus
  9. thanks atas infonya.. salam kenal gan,,,,

    BalasHapus
  10. Nice, I like this... setiap blogger yang bisa memaknai dan menikmati kegiatan bloggingnya, menurut saya memang sangat pantas disebut blogger. Apalagi jika dia mau meluangkan waktu untuk melakukan pembelajaran. To blog menjadi kata kerja baru dalam beberapa tahun 9sejak 94), dan bisa diartikan sebagai menulis ide, pemikiran, dan ilmu. dan seorang blogger juga seorang author. jadi telah jelas bahwa blogging juga meliputi ilmu kepenulisan (yang tentu ada perbedaan dengan offline writer). Dan originalitas lah yang memunculkan blogger sejati. hehe, itu angan2 dan ide saya saja. :D salam kenal

    BalasHapus
  11. kalo aku suka desainnya... blog yg bagus ya selain isi juga desainnya enak diliat

    BalasHapus
  12. ngeblog itu emang menyenangkan buat aku. malah jadi ketagihan, malah sekarang cita2 ku pengen jadi penulis

    BalasHapus
  13. TERNYATA SAYA MASIH 5 KARAT DLM BERBLOGGER

    BalasHapus
  14. wah artikel ini sangat bermanfaat untuk kegiatan blogging org banyak gan hehe
    visitback+comment2 dolo d blog sy yah gan :D ane tunggu

    BalasHapus
  15. wah jadi begitu ya. setia selalu blogwalking

    BalasHapus
  16. jika di test mungkin saya tidak termasuk dalam kategri blogger ,mudah-mudahan artikel ini membantu sy untuk menjadi blogger yang tidak sia-sia

    BalasHapus
  17. Sepertinya saya kurang kalau dibandingkan dengan tulisan-tulisan diatas. saya akan mencoba lebih keras lagi dalam ngeblog. tetap semangat!

    BalasHapus
  18. biasanya kalo blogger pertama kali ngeblog tuh semangat banget sob,,tp lama kelamaan susah konsistennya, karena banyak masalah tadi,,mungkin karena waktu juga,,hehe

    BalasHapus
  19. mood moodan klo aku gan. klo pas semangat lupa waktu. klo males ya nganggur blognya

    BalasHapus
  20. kalo saya tidak semua dari yang di atas, ada 1/2 deh dari saya hehehe

    BalasHapus
  21. perlu belajar nih jadi blogger sejati, .akakak
    thanks gan dah mau share , .nambah wawasan banget nih.
    selain itu jugag bisa tau cara menikmati indahnya ngeblog, .hahaa
    salam kenal gan. .

    BalasHapus
  22. kalo saya berasa banget kalo gak update dan berbagi informasi itu kaya ada yang kurang ... udah hobi mungkin :D .

    salam kenal mas

    BalasHapus
  23. apakah kita enjoy dengan waktu blogging kita??

    BalasHapus
  24. Berat juga ya bro, banyak yang pinter bicara, akademik bagus, tapi kurang dalam menuangkan dlam bentuk tulisan. tp tidak sedikit ilmu seiprit malah nulis apa aja yang dia alami atau lihat.

    BalasHapus
  25. ternyata butuh perjuangan yg tinggi jga ya..

    BalasHapus
  26. Ada hal yang berkaitan dengan aktivitas blogging, yaitu apakah blog yang kita miliki bermanfaat untuk diri sendiri? seperti penghasilan, tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut suatu hal yang cukup penting, setidaknya itu menurut saya.

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)