Selasa, April 12, 2011

Facebook dan 8 Hal Penting Untuk Diwaspadai

Facebook sampai saat ini masih mencatatkan diri sebagai situs jaringan sosial terdepan dengan tingkat popularitas yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat 25 juta pengguna facebook atau sekitar 10 % dari total penduduk Indonesia. Berinteraksi dengan situs jejaring Facebook memang sangat mengasyikkan. Akan tetapi, penting untuk selalu kita waspadai beberapa hal yang dapat mengancam para sobat Facebookers, terutama bahaya keamanan dalam masalah privasi. Bahaya ini bisa merepotkan bahkan membuat para Facebooker tersandung, jika diabaikan. Apa saja bahaya tersebut ? Berikut ini adalah 8 hal yang penting untuk diwaspadai karena potensi bahaya yang dikandungnya :

1. Postingan Menunjukkan Jati Diri  
Hati hati. Apa yang sobat posting menunjukkan siapa diri sobat. Contoh ekstrim, Jika sobat memposting tentang kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum-minuman keras, maka reputasi sobat akan tercoreng dan ini sangat merugikan. Survey tahun 2009 yang dilakukan Microsoft menunjukkan bahwa 79% pencari karyawan di Amerika Serikat melihat informasi online tentang si pelamar kerja. Dari 70% yang disurvey mengatakan bahwa mereka menolak lamaran berdasarkan temuan mereka di internet. Di Indonesia, bukan tidak mungkin metode ini juga diadopsi oleh para awak HRD.

2. Postingan Teman juga Menunjukkan Jati Diri
Apabila ada teman yang membicarakan kegiatan sobat semalam misalnya, di mana notabene tidak pantas, maka jangan ragu-ragu menghapusnya dari wall.

3. Ingat, Profil Bisa Dilihat Semua Orang termasuk Pihak Ketiga
Informasi pribadi seperti alamat rumah dan nomer telepon sebaiknya dibuat private. Jangan sampai pihak ketiga atau siapapun yang tidak sobat percayai dengan baik, dengan mudah mengaksesnya dan memanfaatkannya untuk kepentingan yang tidak baik. Usahakan untuk mengecek privacy setting setiap bulan guna memastikan privasi sobat aman.

4. Aplikasi Facebook Membahayakan Privasi
Berhati-hatilah dalam memakai aplikasi Facebook karena aksi ini memungkinkan pihak pengembang aplikasi untuk melihat profil sobat secara keseluruhan termasuk apa yang teman sobat posting. Ada kemungkinan mereka menyebarkan info ke pihak lain. Bukan hanya privasi sobat, privasi teman sobat nantinya juga bisa menghadapi risiko besar.

5. Iklan (ads) Facebook Bisa Mengandung Malware
Jangan sembarangan mengklik iklan di Facebok karena tidak semuanya bersih dari program jahat (malware).

6. Foto Mengindentifikasi Diri
Pelaku scam (scammer) bisa dengan mudah melacak atau mengidentifikasi sobat lewat foto yang di posting. Usahakan setting privasi sedemikian rupa agar hanya orang-orang yang ada dalam daftar kontak saja yang bisa melihatnya.

7. Username Juga Bisa Membahayakan
Jika tidak ingin scammer melacak sobat melalui username, sebaiknya tidak usah menggunakan nama asli.

8. Mengumbar Lokasi Bisa Mengundang Risiko
Jangan mengumbar keberadaan sobat di Facebook karena ini sangat berisiko. Pencurian rumah atau pengintaian (cyberstalking) bisa terjadi saat kita memberitahukan lokasi di mana kita berada.

Ber- Facebook ria, memang nyaman dan menyenangkan, tapi bukan berarti bebas bahaya. Maka, waspadalah terhadap kedelapan hal tersebut.

Diolah kembali dari Sumber : http://ictwatch.com/internetsehat

12 komentar:

  1. makasieh sob infonya n salam kenal aj ya???

    BalasHapus
  2. wah informasi yang sangat sangat bermanfaat makasieh gan dan salam kenal aj gan,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  3. thanks gan Info nya...sanagt berguna buat saya salam kenal good luck always....

    BalasHapus
  4. Ravatar9:30 PM

    @busana muslim...udah coba lewat login FB terus di setting?
    @All..thanx 4 attention :)

    BalasHapus
  5. sangat setuju dengan apa yang agan tulis

    BalasHapus
  6. thanks gan Info nya salam kenal good luck always....sangat bermanffat sekali buat saya...

    BalasHapus
  7. tuh dy gah ane dah Ikutin langkah2nya tuh yg membuat saya psng dah ampir 4hari saya otak oatik kagk bisa2,tlng tips ny gan..??

    BalasHapus
  8. Ravatar11:06 AM

    @busana muslim : sorry bro kelamaan. Mungkin email konfirm dari FB nya, masuk ke folder spam. Coba cek deh. Kl gak ulang lai trus langsung cek folder scam krn ada semacam expired request selama 3 hari. :)

    BalasHapus
  9. kita memang harus menajadi pengguna facebook yg cerdas

    BalasHapus
  10. tambah dikit bro.buat pertanyaan keamanan kita berlawanan dengan jawaban.contoh:dimana kota ibu anda dilahirkan?jawabannya:pisang.
    cara ini bisa mengecoh para phinisher2 facebook...karena pertanyaan keamanan kita termasuk bagian yg paling vital dalam dunia cracking dan sejenisnya...

    BalasHapus
  11. Terimakasih sharing ilmunya.
    Menambah wawasan dan sangat berguna bagi saya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Setuju, tambahan ni gan menghilangnya prestasi karena berfokus kepada situs facebook yang otomatis kemampuan berkomunikasi di depan umum juga tidak berkembang

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)