Sabtu, April 23, 2011

Mengenal Istilah Blog dan Website, Back to Basic

Beberapa tahun lalu, saya lebih sering mendengar istilah web site dibanding blog. Istilah blog baru saya kenal kemudian. Makin hari, perbedaan antara blog dan website pun banyak dibahas. Belakangan malah kelihatannya blog justru lebih diminati orang dibanding Website. Tapi sayangnya dari dulu sampai sekarang jika diminta untuk menjelaskan apakah itu website dan apakah itu blog, dapat dipastikan saya cuma bisa garuk-garuk kepala. Bahkan sampai tempo hari, setelah membuat artikel tentang “Blogging tes, seblogger apakah kita ?”, jika saja saat itu ada yang iseng bertanya di kotak komentar yang nadanya kurang lebih seperti ini : “Ente nulis macem macem tentang blogging, tau gak apa itu blog? Coba Jelasin! ”. Saya pasti akan langsung jawab dengan tegas : “Ya jelas tau dong blog itu apa, ravatar (maunya). com ini kan blog dan saya lho yang buat”. “Tapi kalau untuk jelasin apa itu blog, ntar dulu ya he he he”. Nah, sebelum keburu ada yang melontarkan pertanyaan bernuansa ‘simple tapi nyelekit’ seperti itu, saya coba back to basic membuat bahan diskusi bersama tentang istilah blog dan website. Makhluk apa sih mereka ?

Website

Dari terminologinya, website dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari halaman halaman situs yang berisi informasi dan tersedia melalui jalur internet sehingga bisa diakses siapapun dari seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Seluruh halaman situs tersebut biasanya saling berhubungan dan terbungkus rapi dalam sebuah domain (contoh : .com, .biz, .net dst) atau subdomain (bagian/turunan dari domain induk) yang berada di dalam ruang informasi World Wide Web (www) atau sering disebut web di Internet. Sebuah website adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan ditransfer dari server web ke jaringan internet dengan metode HTTP (Hypertext Transfer Protocol). HTTP ini adalah protokol yang menyampaikan informasi server website untuk ditampilkan di komputer pribadi, laptop, PDA, atau ponsel kita melalui sebuah program software yang disebut web browser (Firefox, IE dsb).

Nah, sebuah dokumen informasi web ternyata tidak selalu terdiri dari teks, tetapi bisa juga berisi gambar (image), suara, klip video dan animasi. Bayangkan betapa kolosal informasi yang bisa kita akses, mengingat jumlah website yang dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar di WWW.
Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara

Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
  •  Website Statis
  •  Website Dinamis
  •  Website Interaktif
Website Statis adalah salah satu bentuk website yang isi di dalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, sehingga web ini mempunyai halaman yang tidak berubah dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit kode yang menjadi struktur dari website tersebut.

Website Dinamis merupakan website yang sejak awal dibuat secara struktur dirancang untuk update sesering mungkin. Biasanya selain halaman utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman belakang (backend) atau admin area untuk mengedit konten dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming dan sebenarnya bentuk pengembangan dari website dinamis. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

By the Way, siapa sih penemu Web itu ?. Namanya Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee Lelaki kelahiran London Inggris Tahun 1955. Walaupun penemuannya sudah sedemikian luar biasanya merubah dunia, hingga kini Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan mendapatkan popularitas. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas sampai sekarang. Karena sifat rendah hatinya itulah, hingga saat ini banyak orang yang telah merasakan kekuatan karyanya, World Wide Web tapi masih tidak mengenalnya.

Blog

Hampir identik dengan Web yang merupakan kependekan dari World Wide Web, Blog juga merupakan kependekan dari Weblog . Nah, Weblog itu sendiri awalnya terbentuk dari istilah “Logging The Web”. Logging dapat diartikan masuk (Login) sehingga secara terjemahan bebas dapat diartikan “memasuki web”. Pada saat itu mereka yang melakukan “Logging The Web” adalah orang yang masuk ke samudera web dan menyortir link link dari situs (site) yang menarik berdasarkan opininya. Berangkat dari istilah tersebut, pada tahun 1997, John Barger seorang programmer yang juga mengelola web site online diary menciptakan istilah Weblog. Istilah Blog baru muncul 2 tahun kemudian yaitu tahun 1999 yang diperkenalkan oleh Peter Merholz. Mulanya dia menyebut sebagai wee-blog hingga akhirnya diperpendek menjadi Blog. Sedangkan man behind the scene yang mengelola blog disebutnya sebagai blogger

Logging The Web =====> Weblog =====> Wee- blog  =====> Blog

Bila kita simak asal muasal istilah blog tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa blog itu adalah salah satu bentuk dari web site. Dan memang, masih merupakan bagian dari sejarahnya, Blog merupakan hasil evolusi dari diary online yang dipublikasikan dengan memanfaatkan web. Diary online yang berkembang pada waktu itu adalah semacam catatan harian mengenai pendapat, opini atau bentuk catatan lainnya yang berbentuk personal. Dan sampai sekarang Aura Personal ini memang terasa masih menjadi jiwa dari Blog. Intinya, Blog adalah sejenis website juga dengan aroma personal yang sangat kuat.

Kurang lebih inilah yang mampu saya rangkum pada topik kali ini. Kurangnya pasti banyak, untuk itulah saya akan sangat berterima kasih jika para sobat berkenan untuk menambah informasi atau mengkritisi bahkan mengkoreksi dari apa yang saya sampaikan di atas. Selain agar makin memperkaya pemahaman saya, besar harapan interaksi kita bisa bermanfaat bagi banyak sobat lainnya. Semoga dengan lebih mengenal Istilah Blog dan Website ini, kita bisa lebih memahami aktivitas blogging kita dan makin mantap ngeblognya.

24 komentar:

  1. Simpelnya sih, blog adalah salah satu jenis website. Blog bisa disebut sebagai website pribadi. Sebab pada umumnya blog dibuat untuk dikelola oleh seseorang (bukan oleh sebuah perusahaan atau badan usaha), walaupun pada perkembangannya blog juga dibuat untuk kepentingan perusahaan atau organisasi tertentu.

    BalasHapus
  2. wahh,,, mantaaap infonya nih... makasi sharingnya, salam kenal juga :)

    BalasHapus
  3. salam blogger...mohon arahannya.... saya seroang newbie... follow balik yagh saya sudah follow blognya.... kunjungi juga yagh bl;og saya riz-ved.blogspot.com

    BalasHapus
  4. makasih buat info'a ... happy blogging

    BalasHapus
  5. Hehe, jadi inget pas kuliah dulu facebone

    BalasHapus
  6. Salam kenal sob, info yang bagus nih buat ana, ikutan kontes sticker islami yuk...

    BalasHapus
  7. terima kasih atas infonya..

    BalasHapus
  8. Saya yang masih pemula tentang blog da website, setelah baca artikel ini saya jadi mengetahui apa itu blog dan apa itu website, Thanks yah atas info artikelnya sangat bermanfaat buat saya,...

    BalasHapus
  9. Wow, really helpful, this is very inspirational. Thank you for your superb post.

    BalasHapus
  10. naaah, yg saya gunakan inilah termasuk kedalam blog, hehe.
    mw k web, berat di domain n' hostingnya, dah gtu blum menguasai PHP jugaa, hehe, adobe dreamweaver ny juga gak punya, halaah malang niaan deh, hehe.

    BalasHapus
  11. nice share gan... bagus sekali

    BalasHapus
  12. sharing ilmu ni,makasih infonya gan

    BalasHapus
  13. makasih mass... sekarang jadi kenal nih ma mas blog ma mbak site hehehe...

    BalasHapus
  14. salam kenal sob dari ane

    BalasHapus
  15. salam kenal..
    nice artikel!

    BalasHapus
  16. Bro, bagaimana dengan yang dinaman WEBLOG? Dibahas lagi donk... makasie :)

    BalasHapus
  17. Great article! I simply found your blog and also wanted to point out that We've genuinely liked reading through your site blogposts. However I'm going to be subscribing to your current feed and I hope you submit once again quickly. payday loan debt settlement contoh undangan syukuran | ciri-ciri pacar selingkuh

    BalasHapus
  18. Mantap gan,silahkan kunjungi balik blog saya di "Kumpulan Artikel Menarik" aa-canssetiaku.blogspot.com

    BalasHapus
  19. thanks infonya ya gan..

    BalasHapus
  20. mengingatkan dwaktu dulu.. hampir semua website stasis, tampilannya kurang menarik/kaku.. Sekarang malah sangar.. Nice info.. Desainew

    BalasHapus
  21. Baru tau, setelah baca definisi yang selengkap ini. thanks for the sharing. Nice Blog..

    BalasHapus
  22. template nya biasa aja tpi pengunjungnya luar biasa.. salute ane boss..
    banyak artikel menarik juga. sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  23. ini pelajaran pertama saya ketika memulai mau bisnis online, thanks gan untuk infonya

    BalasHapus
  24. Kalau menurut aku sih yang paling gampang bedainnya yah nama urlnya.

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)