Jumat, April 17, 2009

Merubah template blogspot, belajar berani salah

Template blogspot. Merubahnya.
Sudah dari tiga hari yang lalu saya ingin melakukannya, cuma belum kesampaian karena belum dapet jatah waktu yang cukup untuk ngopreknya. Biasa, lagi musim audit. Dari hari ke hari berkutat terus sama angka dan dokumen, sementara komputer di rumah sedang menjalani ‘rawat jalan’. Jadi bener-bener gak dapet waktu untuk sedikit berkreasi dan berimprovisasi.
Hari ini ada sedikit waktu luang untuk melaksanakan niat saya. Bahan pelajaran udah dipulung dari sana-sini. Template baru yang mau saya pasang juga sudah siap, saya ambil dari blognya mas Agus. Simple tapi keren, search engine Friendly sekaligus ramah lingkungan. Cara instalnyapun dijelaskan. Tinggal hapus kode template lama, terus copy paste kode template baru di menu Edit HTMLnya blogger..beres.
Tapi ternyata, sesaat sebelum mulai, ragu-ragu menyergap. Bagaimanapun, template standar ini keliatan rapi walaupun ya biasa banget. Kalau dirubah, khawatir juga akan ada yang hilang. Bisa aja nanti bannernya jadi gak muncul, atau linknya jadi gak nyambung, atau gadget lainnya jadi ada yang gak berfungsi. Wah bisa repot, karena walupun masih cupu ,udah ada lho 4 postingan hasil karya sendiri, beberapa link teman baru, dan di kotak follower juga ada 4 sobat. Kalau hilang gimana mbalikinnya?
Pikir punya pikir akhirnya saya putuskan untuk lakukan saja. Toh saya sudah diwanti-wanti untuk membackup template dan isi elemen halaman yang lama terlebih dahulu. Caranya backupnya toh mudah, tinggal copy kode HTML dari kotak Edit template yang masih di menu Edit HTML terus paste kan ke note pad. Aman!. Kalo salah tinggal balikin lagi.
Dan memang demikian yang terjadi. Pada saat template lama sudah diganti, saya lihat hasilnya. Kecuali artikel postingan, tampilan lainnya sebagian menghilang, sebagian berubah ukuran dan sebagian lagi tumpang tindih. Mau ngerapiin bingung, karena memang ilmunya belum nyampe.. :)
Walhasil, saya akhirnya balikin lagi template yang lama dan saya tulis lagi link yang menghilang (saya lupa backup!). Agak repot memang tapi saya jadi belajar dan dapat pengalaman baru. Dan dari yang pernah saya dengar, dalam kehidupan seringkali sebelum kita berhasil atau mencapai sesuatu yang benar biasanya kita harus melalui berkali-kali salah dulu karena mungkin itulah yang justru ‘mematangkan’ kita. Dan saya sudah bertekad akan melakukannya lagi dengan persiapan yang lebih matang.

Salah dalam proses mencapai sesuatu yang baik, jauh lebih baik daripada tidak pernah salah karena tidak pernah berbuat atau mencoba sama sekali.

Waktu luang yang sedikit habis sudah.
Dan saya masih belum bisa menghilangkan menu search yang muncul di side bar blog ini…

Baca Juga Coretan Terkait:

9 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)