Sabtu, April 18, 2009

Meningkatkan Ranking Alexa dengan coba dan analisa

Rangking alexa. Oleh-oleh dari blogwalking.
Ingin jadi blogger dan bermimpi memiliki blog yang eksis berarti kita harus siap dengan suatu konsekuensi yaitu untuk meluangkan waktu berkeliaran, jalan jalan, langak longok dari satu blog ke blog yang lain. Beratnya, harus menekan rasa malas dan harus pinter-pinter menahan laju argo tagihan koneksi internet. Bagusnya, walaupun dengan pengorbanan tadi kita gak langsung mendapat upah, namun tali silaturahmi dengan blogger lain jadi bisa terjalin dan banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan segratis-gratisnya dan sepuas-puasnya dari rekan-rekan blogger yang bisa saya kategorikan master. Untuk jangka panjang ini jelas bagus buat pertumbuhan blog kita apalagi blog saya (kalo bayi mah masih merah, ngeliat aja belum bisa jelas).
Dari keliling keliling saya kali ini, tema tentang rangking yang diberikan oleh nona Alexa sangat menarik perhatian saya. Kenapa menarik ? karena dari yang saya simak, ranking alexa itu kurang lebih begini ;

- Peringkat Alexa membantu kita memberikan informasi/penilaian tentang situs web/blog kita
- Bisa mendorong peningkatan traffic (biasanya orang akan tertarik mengunjungi blog dengan peringkat alexa yang baik)
- Mencerminkan besarnya traffic (pengunjung) ke blog kita berarti bisa jadi salah satu tolok ukur kualitas blog kita
- Memiliki nilai lebih jika suatu saat ingin memonetisasi blog kita lewat program paid review (ini dia yang biasanya dicari! saya juga mau he he ).
Rumusnya : semakin baik peringkat kita, semakin tinggi para pengiklan akan mengajukan tawaran untuk membeli ruang untuk beriklan di blog kita

Banyak rekan-rekan yang mengatakan bahwa jika kita berhasil membuat peringkat alexa kita menembus level diatas 100.000 (99.999 hingga mendekati peringkat 1) , itu adalah tanda bahwa blog kita aktif dan ramai lalu lintasnya (traffic).
Minjam istilahnya pak Bondan : Top markotop !

Penasaran, akhirnya saya sambangi kediaman nona Alexa ini. Say hello sebentar di beranda dan langsung menuju ruang For Site owners. 4 kamar tersedia. Saya pilih kamar kedua dari atas namanya Site Widgets. Ada tiga staf penilai disitu, saya coba dulu staf yang biasa dipilih banyak orang yaitu Alexa Traffic Rank Button. Dari situ, cukup dengan mengisi kotak isian yang tersedia dengan alamat URL saya, kemudian menekan tombol Build Widget saya mulai mempresentasikan blog pas-pasan ini.

Hmmm.. gimana ya kira-kira hasilnya? Entahlah, coba saya analisa sebentar:

Dengan tampilan blog terakhir seperti ini, dengan 5 postingan sederhana yang sudah nangkring , dengan dukungan beberapa link sobat di side bar, dengan menyelipkan link pada artikel, dengan menyisipkan meta tag seadanya di header (belum paham benar nih) , dengan budaya tegur sapa yang saya biasakan setiap mampir diblog yang rata-rata saya akui sebagai guru, berapa nilai yang layak ya buat blog saya ini ?

Dan saatnya pun tiba, nona Alexa keluar dengan membawa hasil penilaian. Hasilnya begini :

Image and video hosting by TinyPic

Gimana menurut rekan-rekan ?

Baca Juga Coretan Terkait:

6 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)