Senin, Juli 06, 2009

Michael Jackson dan Dunia

Jasad Michael Jackson belum juga dimakamkan. Padahal sudah hampir dua minggu dia pergi menghadap Yang Maha Kuasa. Meninggalkan jutaan pecinta yang mengharu biru, histeris, terpana dan terkejut tak percaya. 25 Juni 2009 akan dicatat dalam sejarah sebagai titik akhir dari seorang anak manusia yang dengan gemilang telah mengukir berbagai pencapaian luar biasa dalam kehidupannya. Michael Jackson alias Jacko tak dapat disangkal adalah bintang. Deretan prestasi fenomenal, rekor, suara dan gerak unik, lirik yang menginspirasi, puluhan juta fans, cerita kontroversi, berita sensasi tentang dirinya merupakan jejak yang melegenda, bahkan sudah terjadi pada saat King Of Pop ini masih hidup.

Saya pernah dan masih sangat terkesan dengan gerakan dansa MoonWalk yang menjadi trade mark dari seorang Michael Jackson. Gerakan ini diperkenalkan pertama kali pada saat pentas Billie Jean di panggung khusus NBC pada tahun 1983.

O iya.. ada satu lagi penampilan panggung yang membuat saya berdecak. Koreografi unik dengan teknik rumit yang belakangan saya ketahui ternyata melibatkan kreativitas teknologi, yaitu gaya tari dengan ilusi anti-gravitasi, dimana Jacko mampu mencondongkan tubuhnya hingga sudut 45 derajat seolah melawan gravitasi. Gaya koreografi ini selalu ditampilkannya saat membawakan lagu Smooth Criminal. Ternyata rahasianya ada pada sepatu yang dia pakai dan sudah dipantenkan. Kantor The United States Patent and Trademark menyebutkan dalam laporannya bahwa mekanisme sepatu ini dibuat dengan pemikiran dan perhitungan matematis. Paten ini diterbitkan pada bulan Oktober 1983 diterbitkan untuk suatu produk Method and means for creating anti-gravity illusion atau Metode dan cara membuat ilusi anti-gravitasi.

Nama Michael Jackson ada di urutan pertama dari tiga orang yang terdaftar di paten itu. Di paten itu termasuk sketsa sebuah sepatu boot. Paten itu sendiri baru akan kadaluarsa pada tahun 2010. Bisa jadi nanti akan ada yang memproduksi sepatu penemuan Jacko ini

Segala kerja keras dan totalitasnya di dunia pertunjukkan yang digelutinya memang menuai hasil yang sangat luar biasa. Pengaruhnya mampu menembus batas-batas bangsa dan membuatnya dipuja berjuta pecintanya. Michael Jackson adalah seorang legenda musik yang telah melegenda bahkan pada saat dia masih hidup. Dia juga seorang icon style, koreografer handal, sekaligus penemu. Benar-benar pionir sejati di bidangnya.

Michael Jackson terlihat berhasil menggenggam dunia....
Tapi benarkah demikian..? Segala kontroversi yang mengiringi perjalanan karir dan hidupnya, masa kecilnya yang hilang dan tidak bahagia, segala kesepian dan ketakutan yang senantiasa mengepung dirinya, cerita dan berita negatif yang kerap memborbardirnya, kebebasannya yang terpenggal sebagai seorang super publik figur sepertinya perlu kita renungkan dan menjadi hikmah bagi kita. Betapa luar biasa mahal harga yang harus ditebus untuk itu semua.

Pada akhirnya, andaikata Michael Jackson diberi pilihan, bukan tidak mungkin dia akan memilih kehidupan yang normal. Tak usah jadi bintang dunia, tapi tetap bisa merasakan dekapan hangat keluarga, bisa memberi manfaat bagi orang lain serta tetap mampu merasakan kebahagiaan dengan mencintai dan dicintai oleh sesama.

Saat ini, ruhnya mungkin merintih pedih demi menyaksikan jasadnya yang masih menjadi komoditi.
Dan dunia...memang akan terus memancarkan cahaya kebintangannya dalam waktu yang lama sambil tetap diam-diam mencengkeram dirinya dengan segala berita dan cerita kontroversi yang mengiringi sepanjang dan setelah hidupnya..

Baca Juga Coretan Terkait:

13 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)