Minggu, April 03, 2011

Menentukan Tema Blog, Bagian Penting Blogging !

Membuat Blog itu sangat mudah. Panduan tentang Cara Membuat Blog pun bertebaran di jagad maya. Sobat hanya perlu menentukan platform blog yang sesuai selera, lalu ikuti panduan singkat nan sederhana yang tersedia, tidak pakai lama dijamin sobat akan memiliki blog baru dan selanjutnya tinggal mengisinya dengan buah pikiran atau apapun yang sobat rasakan. Cara membuat blog adalah persoalan teknis yang bisa cepat diadaptasi, namun pada saat kita berbicara soal menentukan tema apa yang akan menjadi representasi dari blog, disinilah tantangan mulai muncul. Apalagi jika dari awal sudah terpasang niat untuk mengkomersilkan blog yang akan dibangun, maka menentukan topik atau tema khusus yang akan menjadi jiwa dari blog tersebut menjadi lebih penting lagi. Lantas, adakah aturan atau teori jitu yang baku dalam urusan menentukan tema blog ini ?

Ternyata, tidak ada jurus atau teori baku yang harus diikuti dalam perkara menentukan tema blog ini. Namun menyerap pengalaman dari para jawara blogger, ada satu hal yang bisa menjadi referensi dan saya rasa perlu kita coba bersama. Apa itu ? Mari kita simak bersama.

Sobat pasti memiliki ketertarikan (minat) khusus pada satu hal atau malah beberapa. Dari ketertarikan itu menimbulkan rasa senang untuk melakukan atau menggali lebih dalam pada hal yang sobat minati itu. Contohnya, minat yang sangat besar pada hal hal yang berbau otomotif, musik, tanaman, perencanaan keuangan, tulis menulis, kesehatan, dan masih banyak lagi. Minat yang besar ini akan melahirkan passion, sehingga bagaimanapun sulit, rumit atau beratnya proses yang harus ditempuh dalam rangka menjalani atau menggali apapun yang berkaitan dengan hal yang kita minati itu, akan selalu terasa ringan dan menyenangkan. Dari passion akan muncul energi yang tidak terbatas. Dan itu ada dalam diri kita sendiri, tidak perlu mencari kemana mana lagi.
Berangkat dari hal tersebut, maka tema untuk blogpun akan dengan mudah ditentukan.

Setelah membaca paragraf diatas, sudahkah sobat mengenali atau menemukan apa yang selama ini menjadi minat atau passion sobat ? Kalau jawabannya sudah, maka artinya blog yang akan sobat bangun telah pula menemukan temanya. Dan saya yakin jika bagian penting dari aktivitas blogging ini telah sobat atasi, maka akan menjadi pondasi yang kuat untuk menapak ke tahap selanjutnya.

Pada kesempatan ini saya memang hanya membahas mengenai satu hal tersebut sebagai bahan untuk masukan kita bersama. Bukan karena pelit berbagi, namun agar saya khususnya dan sobat semua dapat lebih  memberi perhatian pada hal tersebut. Berkaitan dengan pembahasan kali ini, tulisan mengenai 3 tips blogging mantap yang simpel dan menarik mungkin bisa bermanfaat. Point Passion pada tulisan kali ini menarik perhatian saya untuk menjadi topik dengan garis bawah (bahkan cetak tebal jika perlu), karena saya anggap sangat penting sebagai landasan aktivitas blogging kita, apapun motivasinya. Walaupun memang masih banyak metode atau pengalaman menarik lain yang berkaitan dengan menentukan tema blog sebagai bagian penting dari blogging.

11 komentar:

  1. sekarang tema blog Rusa adalah
    blog personal :))

    BalasHapus
  2. Ravatar9:27 PM

    Halo sobat lama... apa kabar nih ? :D

    BalasHapus
  3. memang benar gan, masih suka bingung menetukan tema blog, apalagi masih newbie seperti saya. mampir ke blog sederhanaku ya gan.

    BalasHapus
  4. Artikel yang bermanfaat, trim

    BalasHapus
  5. Menurut saya tema itu penting dalam sebuah karya, blog itu sebuah karya bukan..? karena itu tema sangat penting..blog yang bagus menurut saya adalah blog yang sesuai dengan temanya, terkesan sekali pemlik blog sangat menguasai di bidang yang dipilih...terimakasih

    BalasHapus
  6. terima kasih atas infonya!

    ini bermanfaat sekali buat newbie seperti saya!

    BalasHapus
  7. kalau aku malah terlalu sering otak-ati tema.. bahkan selalu berubah -rubah seleraku...

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat membantu untuk blog yang sedang saya bangun

    BalasHapus
  9. infonya menarik juga, kalo blog pake tema yang jelas ya biar isinya juga jelas, hmm... mari kita coba

    BalasHapus
  10. tema memang penting untuk blog, tapi posting juga ga kalah penting hehe, percuma kan temanya apik tapi kalo postingnya 95% copy paste

    ngomong2 makasih infonya masbro :D

    BalasHapus
  11. saya rasa emang harus ada tema, biar blog yang kita bangun memiliki karakter.

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)