Sabtu, Juli 03, 2010

Belanda dan Uruguay Rebut Tiket Semifinal

Dua Tiket Semifinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan sudah diamankan dua tim dari dua benua. Belanda sebagai wakil Eropa dan Uruguay sebagai wakil benua Amerika. Belanda sesuai tebakan saya berhasil menjinakkan Juara Dunia Lima Kali, Tim Samba Brasil yang dihuni para seniman sepak bola tapi belakangan tampil kering minim seni. Sedangkan Uruguay akhirnya lolos dari hadangan Ghana lewat pertandingan yang sangat dramatis. Sekarang, sambil menunggu pertandingan antara Argentina melawan Jerman, saya mencoba membuat catatan dari kedua duel sengit diatas.

Belanda vs Brasil

Sebelum pertandingan dimulai, sebenarnya Brasil lebih dijagokan banyak orang akan mengatasi Belanda. Hingga 45 menit pertama, prediksi itu sepertinya akan jadi kenyataan. Baru tujuh menit sejak wasit meniup peluit awal pertandingan, gawang Oranye sudah digetarkan Robinho namun masih dianulir wasit karena Dani Alves sang pengumpan bola terlanjur terjebak Offside. Tiga menit setelah momen tersebut, Robinho kembali melesakkan bola ke gawang Maarten Stekelenburg yang kali ini disahkan wasit. Menerima umpan panjang mendatar dari Felipe Melo, Robinho yang lolos dari perangkap Offside langsung menyambar bola dan lolos dari sergapan Stekelenburg. Brasil unggul 1 – 0.

Hingga 45 menit babak pertama berakhir, Brasil masih mampu menjaga keunggulan

Babak kedua, Brasil seperti kehilangan ritme permainannya, sebaliknya Belanda tampil sangat agresif sehingga tim Samba nampak terkurung di pertahanan mereka sendiri. Permainan Selecao dinetralisir dan datangnya gol untuk Belanda seperti hanya menunggu waktu. Menit ke 57 saat itu datang. Bola sepakan Sneijder yang melambung menuju mulut gawang gagal diantisipasi dengan baik oleh pertahanan akhir Brasil. Kurang komunikasi antara Cesar dengan Felipe Melo menyebabkan bola meluncur masuk ke gawang.

Brasil makin terpuruk saat di menit 67, ketika Wesley Sneijder kembali menggetarkan gawang Brasil lewat tandukannnya yang meneruskan umpan sundulan dari Dirk Kuyt yang menyambut tendangan sudut Arjen Robben. 2 – 1 untuk Belanda. Tersengat, Brasil coba membalas. Namun malang, Felipe Melo membuat Brasil harus bermain dengan sepuluh orang usai dirinya diganjar kartu merah di menit ke-73 karena menginjak Arjen Robben.

Akhir pertandingan, Brasil harus merelakan tiket semifinal Piala Dunia 2010 menjadi milik Belanda.

Uruguay vs Ghana

Uruguay akan menjadi lawan Belanda di Semifinal setelah merebut kemenangan atas Ghana lewat pertarungan yang dramatis, terutama buat Ghana. Black Stars dengan julukan barunya ‘Baghana-Baghana', mendominasi jalannnya permainan babak pertama dan membuka skor lewat gol Sulley Muntari di menit 45, tepat beberapa saat sebelum turun minum lewat tendangan spektakuler dari jarak jauh. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Uruguay berhasil membuat pertandingan kembali imbang setelah di menit 55 Diego Forlan dengan mengesankan berhasil mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak pinalti menjadi gol. Imbang 1 – 1 bertahan hingga waktu pertandingan berakhir dan harus dilakukan perpanjangan waktu.

Di detik akhir babak perpanjangan waktu, terjadilah tragedi untuk Ghana.

Dari sebuah kemelut di depan gawang Uruguay, bola ditanduk Dominic Adiyah dan meluncur ke gawang Uruguay yang sudah ditinggal kipernya. tapi tiba tiba bola mental keluar lagi karena dihalau Luis Suarez, tapi menggunakan tangan dan dengan sengaja

Bola urung masuk ke gawang Uruguay dan Suarez dikartu merah karena menyentuh bola yang seharusnya jadi gol. Wasit memberi tendangan penalti untuk Ghana, tapi sayangnya Asamoah Gyan gagal mengeksekusinya. Peluit panjang akhir extra time pun langsung berbunyi.

Akhirnya, lewat adu tendangan pinalti Ghana harus menerima ketidakberuntungannya setelah dua tendangan algojonya berhasil dipatahkan kiper Uruguay, Fernando Muslera dan hanya satu penendang Uruguay yang gagal. 4 – 2 dari adu pinalti dan Uruguay melenggang ke Semifinal menantang Belanda.

Baca Juga Coretan Terkait:

1 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)