Jumat, Juli 02, 2010

Belanda lawan Brasil, Laga Spektakuler ?

Pertandingan pertama babak perempat final ( 8 besar ) Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan mempertemukan dua kesebelasan tangguh. Belanda dan Brasil adalah dua negara yang banyak menorehkan catatan penting dalam sejarah sepak bola. Belanda pernah mencatatkan diri sebagai finalis pada Piala Dunia 1974 dan 1978. Pada era keemasan berikutnya dimana pada waktu itu Belanda dihuni oleh pemain pemain terbaik yang mengisi setiap lini, belanda berhasil membawa pulang tropi Piala Eropa pada tahun 1988. Waktu itu Belanda diperkuat oleh Ronald Koeman, Frank Rijkaard, dan duet Ruud Gulit – Marco Van Basten. Total Football adalah gaya permainan yang diusung dan menjadi ciri khas tim Oranye. Gimana Belanda saat ini ?

Beralih ke tim Selecao Samba Brasil. Soal prestasi dan ketangguhan semua orang pasti sepakat bahwa Brasil adalah yang terdepan. Lima kali Juara Dunia adalah garansi yang belum bisa disamai negara manapun. Pemain pemain Brasil pun tersebar di se antero klub klub besar di kolong jagad ini, bahkan konon setiap pelatih yang menangani Brasil sering dibuat bingung karena saking banyaknya pemain yang bagus. Gaya permainan sepakbola indah yang dikenal dengan istilah Jogo Bonito adalah ciri khas tim samba yang selalu menarik untuk ditonton. Gimana Brasil saat ini ?

Melihat penampilan kedua tim selama perhelatan Piala Dunia 2010 ini, kelihatannya permainan menarik ala Belanda (Total Footbal) dan sepakbola indah ala Brasil (Joga Bonito) tidak bisa terlalu kita harapkan dapat tersaji pada pertandingan perempatfinal nanti. Baik Brasil maupun Belanda cenderung bermain pragmatis pada piala dunia kali ini. Namun karakter permainan ofensif tetap menjadi identitas yang kental dari kedua negara, sehingga saya memperkirakan akan terjadi pertandingan yang seru dan menarik untuk diikuti.

Sulit untuk memprediksi siapa yang akan merebut satu tiket ke Semifinal pada laga spektakuler ini. Jika menilik dari rekor pertemuan keduanya yang telah bertemu Sembilan Kali, Brasil memang masih unggul atas Belanda ( 3 menang, 2 kalah, 4 imbang). Dalam ajang Piala Dunia sendiri keduanya telah bertemu Tiga Kali dengan dua kemenangan bagi Brasil. Namun, pada Piala Dunia 2010 ini Belanda tampil sempurna dengan membukukan 100 % kemenangan sedangkan Brasil sempat bermain seri dengan Portugal.

Dari statistik yang ketat diatas, melihat materi pemain yang bisa diturunkan, grafik serta penamplan kedua tim selama berlaga di Piala Dunia kali ini, saya sepertinya punya feeling bahwa Belanda akan bisa mengatasi kedigjayaan Brasil walaupun dengan skor tipis.

Itu tebakan saya, bagaimana dengan sobat ? Brasil atau Belanda ?

Baca Juga Coretan Terkait:

1 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)