Rabu, Juli 07, 2010

Belanda, Juara Baru Piala Dunia ?

Partai Semifinal Piala Dunia 2010 antara Belanda vs Uruguay telah melahirkan pemenang. Tiket Final akhirnya direbut oleh Belanda setelah Oranye menundukkan Uruguay dengan skor ketat 3-2 di Stadion Cape Town, Cape Town, Rabu (7/7) dinihari WIB. Penantian panjang Belanda untuk kembali tampil di partai puncak Piala Dunia pun berakhir. Tercatat telah 32 tahun berlalu sejak kali terakhir Belanda menjadi pemuncak di turnamen sepak bola paling bergengsi ini. Uniknya, hasil semifinal melawan Uruguay juga menambah rekor tidak terkalahkan Belanda menjadi 32 pertandingan.


Dalam pertarungan yang sengit tapi menarik, kedua tim sejak menit awal langsung memperlihatkan permainan menyerang untuk merebut kemenangan. Belanda memang tidak menerapkan Total Football yang menjadi trademark mereka, namun permainan kolektif yang ditopang oleh skill individu yang menawan membuat duel melawan Uruguay memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi Uruguay yang diasuh Oscar Washington Tabarez tampil sangat gigih agar bisa melangkah lebih jauh dan mencatat sejarah.

Belanda membuka skor di menit 17 melalui kaki kaptennya Giovanni Van Bronckhorst yang secara spektakuler merobek gawang Fernando Muslera lewat tembakan jarak jauh dari jarak sekitar 27 meter. Selanjutnya Belanda terus tampil menekan pertahanan Uruguay.

Menit ke 40 giliran kapten Uruguay Diego Forlan membalas gol ke gawang Oranye yang dijaga Maarten Stekelenburg, juga lewat tembakan keras dari luar kotak pinalti. Kedudukan pun kembali imbang.

Menit ke 70, bintang Belanda yang sedang bersinar Wesley Sneijder membuat pendukung tim Oranye makin berbunga setelah sepakannya kembali membuat jala Muslera bergetar. Uruguay kembali tertinggal.

Berikutnya, menit ke 85 sebuah umpan silang dari Kuyt berhasil disambut dengan sundulan oleh Arjen Robben hingga menjadi gol. Uruguay makin tertinggal, tapi tidak menyerah.

Lewat perjuangan yang gigih dan upaya keras untuk dapat lolos dari tekanan, Uruguay berhasil mencetak gol tambahan di masa injury time lewat tendangan Maximiliano Pereira yang memanfaatkan umpan bola tendangan bebas datar yang dilepas Walter Gargano. Dan tidak lama kemudian pertandingan pun berakhir pada kedudukan 3-2 untuk Belanda.

Belanda lolos ke Final, menanti calon lawan antara Jerman atau Spanyol. Akankah Sneijder dkk menjadi Juara Baru Piala Dunia ?

Baca Juga Coretan Terkait:

3 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)