Minggu, Juli 04, 2010

Jerman Dahsyat, Spanyol Lolos Tertatih

Dua Tiket Semifinal Piala Dunia 2010 tersisa sudah menemukan pemiliknya. Jerman dan Spanyol memastikan diri akan saling berhadapan pada babak empat besar. Kesebelasan kedua negara wakil Eropa tersebut lolos ke semifinal setelah berhasil melewati hadangan masing masing lawannya. Jerman tampil mencengangkan dengan meluluhlantakkan tim kuat Argentina dengan skor mencolok, sedangkan Spanyol harus jatuh bangun lebih dahulu sebelum akhirnya memaksa Paraguay tunduk. Dalam perebutan tempat di Semifinal kali ini, tersaji juga drama yang membuat larut para pendukung keempat tim yang berlaga. Berikut catatan singkat atas kedua duel mencekam tersebut.

Argentina vs Jerman

Banyak yang tidak percaya atas apa yang terjadi pada laga antara Jerman melawan Argentina di perempat Final Piala Dunia 2010 yang digelar di Green Point Stadium, Cape Town, Sabtu (3/7/2010) malam WIB. Argentina secara mengejutkan harus tersingkir dari Piala Dunia setelah menelan kekalahan telak dan pahit dari Tim Panser Jerman. 4 – 0 adalah skor akhir yang sepertinya tidak mungkin terjadi pada pertandingan yang dilakoni oleh tim dengan nama besar. Paling tidak skor tipis selisih satu atau paling banyak dua yang biasanya terjadi. Namun, kemarin Jerman memang tampil nyaris sempurna, sehingga membuat kesebelasan jagoan saya (Argentina) tidak berkutik.

Menit ketiga, Sergio Romero harus memungut bola dari dalam gawang yang dijaganya setelah tandukkan Thomas Mueller tak mampu diantisipasinya. Mencoba membalas, Argentina terus melakukan serangan bergelombang yang berkali kali dimentahkan oleh organisasi permainan yang rapi oleh Jerman

Babak pertama berakhir tanpa ada gol tambahan

Dan di babak kedua, serangan trisula Argentina seolah membentur dinding tebal, sebaliknya Jerman malah menambah pundi pundi golnya, yaitu :

Menit ke-68 Miroslav Klose dengan sukses memanfaatkan kesalahan komunikasi yang terjadi antara Nicolas Burdisso dan Sergio Romero.

Menit ke-74 giliran Arne Friedrich yang menjebol gawang Romero menyelesaikan akselerasi Bastian Schweinsteiger yang berhasil melewati penjagaan Angel Di Maria dan Javier Pastore

Menit ke – 88 Jerman mengunci kemenangan lewat gol kedua Miroslav Klose. Gol ini lahir memaksimalkan umpan yang dilepas Mesut Oezil.

4 – 0 untuk Jerman. Argentina melangkah dengan berat, sementara Jerman membuat lompatan dahsyat.

Spanyol vs Paraguay

Pertandingan antara kedua tim ini bisa dibilang sarat drama. Hal ini tergambar dari dianulirnya gol Paraguay oleh wasit, terjadinya dua pinalti (Spanyol satu, Paraguay satu) yang semuanya gagal dieksekusi, hingga terjadinya gol kemenangan Spanyol di penghujung laga. Semua itu menjadi suatu pertunjukkan dengan Soccer City Stadium, Johannesburg sebagai panggungnya. Spanyol sendiri terlihat belum menemukan bentuk permainan terbaiknya, sehingga seperti kesulitan pada saat menghadapi Paraguay yang tampil ngotot.

Adegan pertama, pada menit ke 40 menjelang babak pertama berakhir, Paraguay berhasil menjebol gawang Spanyol lewat Valdez. Namun gol tidak disahkan wasit karena sebelumnya hakim garis telah memberi tanda bahwa Oscar Cardozo sudah dalam posisi
offside.

Akhirnya, babak pertama ditutup tanpa ada gol tercipta.

Adegan kedua, pada menit ke 56 saat pertandingan mulai berjalan seru Paraguay mendapatkan penalti karena Cardozo ditarik sampai jatuh oleh Gerard Pique. Pinalti diberikan wasit dan diambil oleh Oscar Cardozo, namun bisa ditangkap dengan sempurna oleh Iker Casillas.

Adegan ketiga
, David Villa dijatuhkan Antolin Alcaraz di kotak pinalti. Xabi Alonso berhasil mencetak gol, tapi wasit belum mensahkan dan meminta diulang karena ada pemain Spanyol yang lebih dahulu masuk ke kotak penalti. Alonso kembali menendang dan gagal! Tendangannya dapat ditepis oleh kiper Paraguay Justo Villar dan bola muntah gagal dimaksimalkan oleh para pemain Spanyol yang lain.

Adegan keempat, Menit ke 82. David Villa mengakhiri drama dalam laga tersebut dengan mencetak gol ke gawang Villar setelah mendapat bola muntah hasil tendangan Pedro Rodriguez yang terbentur mistar.
Spanyol akhirnya lolos, walaupun sejak babak penyisihan seperti tertatih.

Melawan Jerman yang sedang panas, Spanyol harus segera menemukan permainan terbaiknya jika tak ingin dipermalukan.

Baca Juga Coretan Terkait:

2 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)