Minggu, Juni 27, 2010

Amerika Serikat vs Ghana, Sinar Black Stars

Pertandingan babak 16 besar yang kedua mempertemukan Amerika Serikat dengan Ghana, satu satunya wakil Afrika yang tersisa. Dalam pertarungan yang digelar di Royal Bafokeng Stadium, Minggu dinihari WIB tersebut, kedua tim bertarung ketat, saling menyerang dan beberapa kali masing masing memperoleh peluang emas. Sejak peluit Kick Off ditiup wasit, tim racikan Bob Bradley langsung menggebrak Ghana untuk mencuri gol. Dan pada menit ke – 5 gol memang tercipta, tapi…

Gol itu terjadi justru di gawang Amerika Serikat yang dikawal Tim Howard. Pencetak golnya adalah Kevin Prince Boateng. Dari sekitar lapangan tengah  Boateng menggiring bola dengan cepat tanpa bisa dihentikan pemain belakang AS, Selanjutnya dengan sepakan terukur, ia menceploskan si kulit bundar ke gawang Tim Howard. Gol pembuka untuk Ghana !

Hingga peluit akhir babak pertama, kedudukan tetap 1 – 0 untuk Ghana

Babak kedua berlanjut dengan jual beli serangan. Memasuki menit ke-62 AS mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran atas Clint Dempsey yang dilakukan Jonathan Mensah. Landon Donovan yang maju sebagai eksekutor sukses menundukkan Richard Kingson dan menyarangkan bola ke jala Ghana. Gol, AS menyamakan kedudukan 1-1.

Kedudukan imbang bertahan hingga usai waktu pertandingan normal berakhir, sehingga harus dilakukan perpanjangan waktu.

Asamoah Gyan membawa timnya kembali memimpin di menit ke-93. Menerima umpan lambung dari Dede Ayew, Gyan mengontrol bola dengan dadanya dan menaklukkan Carlos Bocanegra dalam duel satu lawan satu sebelum melepaskan tembakan kaki kiri keras ke pojok atas gawang Tim Howard. Gol !, Ghana unggul 2 – 1.

Amerika Serikat berupaya keras mengejar ketinggalan. Namun, Ghana sudah makin memperketat pertahanan untuk mengamankan langkahnya ke babak perempat final.

Dan akhirnya, Ghana mencatatkan diri sebagai tim Afrika ketiga yang lolos ke perempat final setelah Kamerun dan Senegal. Ghana bersinar, tapi AS tetap pulang dengan kepala tegak.

Di perempat final Ghana sudah ditunggu Uruguay. Akankah lebih seru?


Baca Juga Coretan Terkait:

0 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)