Selasa, Juni 29, 2010

Belanda vs Slovakia, Robben Tak Terbendung

Penampilan impresif Slovakia di babak penyisihan akhirnya harus terhenti di babak 16 besar oleh Tim Oranye Belanda. Slovakia menghadapi Belanda di Stadion Moses Mabhida, Durban, Senin malam dengan modal rasa percaya diri yang tinggi setelah menyingkirkan Italia pada pertandingan penyisihan grup. Namun, kali ini yang dihadapi adalah Belanda. Tim dengan tradisi sepakbola menyerang yang kuat dan dihuni pemain kelas wahid seperti Arjen Robben, Wesley Sneijder atau Robin Van Persie. Walaupun pertandingan berlangsung ketat, namun kali ini Slovakia tak kuasa membendung laju ‘De Oranje’ ke babak perempat final di Piala Dunia 2010 ini.

Belanda dalam duel melawan Slovakia tampil dengan kekuatan penuh. Arjen Robben dipasang sebagai starter sehingga kekuatan Tim Kincir Angin seperti bertambah hingga 50 %. Robben melewati dua pertandingan perdana di penyisihan grup lantaran dirinya belum fit sepenuhnya. Dan memang terbukti, walaupun mampu memberikan perlawanan ketat, barisan pertahanan Slovakia tampak kewalahan saat menghadapi serangan Belanda.

Alhasil, pada menit ke 18 Robben membuka skor untuk Belanda setelah menerima umpan panjang Wesley Sneijder. Berlari dari posisi sayap ke tengah mendekati kotak pinalti. Walaupun dibayangi ketat oleh bek Jan Durica dan Radoslav Zabavnik, Arjen Robben tetap mampu melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri dan tidak bisa diantisipasi oleh Jan Mucha.

Gol itu menjadi satu satunya yang terjadi di babak pertama

Di babak kedua, kiper Slovakia Mucha beberapa kali melakukan aksi penyelamatan gemilang. Namun pada menit ke 38, ia harus menyerah ketika Wesley Sneijder dengan meyakinkan mengarahkan bola menembus gawang Slovakia untuk kedua kalinya.

Gol Sneijder ini diawali oleh akselerasi Dirk Kuyt yang merobek sebelah kanan pertahanan di kotak penalti Slovakia. Selanjutnya pemain Liverpool itu berhasil mengirim umpan ke tengah yang langsung dieksekusi Sneijder yang tidak terkawal. Gol 2-0 Belanda memimpin.

Robert Vittek menutup akhir dari perjalanan Slovakia dengan sebuah gol dari titik putih di masa injury time setelah Maarten Stekelenburg menjatuhkan Vittek di kotak pinalti.
Kejutan Slovakia terhenti, Belanda pun tak terbendung.

Baca Juga Coretan Terkait:

0 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)