Minggu, Mei 24, 2009

Facebook Over Dosis dan Fatwa Haram

Situs jejaring sosial Facebook sepertinya akan makin menarik perhatian masyarakat di Indonesia, baik bagi mereka yang sudah menggunakan, maupun yang selama ini masih sekedar baru dengar-dengar tentang makhluk bernama Facebook.

Adalah hasil pembahasan dalam forum Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtdien Lirboyo, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri yang mengeluarkan larangan dan mengharamkan pemanfaatan situs jejaring sosial ini
Forum ini digawangi Pondok Pesantren se Jawa-Madura yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) dan dihadiri oleh perwakilan dari 50 pondok pesantren di Jawa Timur

Tapi, jangan buru buru dulu menyangka bahwa Facebook, Friendster, My Space atau situs jejaring sosial lain mutlak dilarang secara utuh atau keseluruhan. Forum ini menekankan bahwa yang ditetapkan haram hukumnya adalah penggunaan yang berlebihan seperti bila diniatkan untuk mencari jodoh maupun pacaran, yang tidak dalam proses khitbah (pinangan atau lamaran)
Selain itu penggunaan untuk sesuatu yang memiliki unsur porno dan seks terselubung juga termasuk yang diharamkan

Namun segala situs layanan jejaring sosial itu tetap dinyatakan halal apabila dipergunakan sesuai dengan manfaat dan kegunaannya

Saya sendiri menganggap pernyataan tersebut masih belum menyebutkan secara spesifik dan detail tentang point-point yang dilarang tersebut. Kayaknya masih terlalu umum gitu, jadi bisa berpotensi menimbulkan salah persepsi dan menimbulkan reaksi yang mungkin malah akhirnya berlebihan juga

Dalam konteks hal yang positif saja, sesuatu yang berlebihan, apapun bentuknya memang cenderung selalu berefek tidak baik. Mulai dari yang kegiatan sehari-hari seperti makan, minum, tidur termasuk juga aktivitas online seperti blogging, internetan, bisnis online, dan banyak lagi. Itu semua dalam konteks hal positif lho. Kalo berlebihan tetep aja jatuhnya jadi kurang bagus. Apalagi untuk yang jelas-jelas niatnya negatif atau ngeres, gak usah dibahas lagi itu mah jelas haram.

Jadi, mendingan kita sikapi pernyataan itu juga dengan wajar-wajar saja. Sebagaimana kita juga memanfaatkan facebook dengan sewajarnya di jalan yang benar he he he.

Buat saya yang masih sering bingung make facebook, emang gak terlalu sulit ngelakuinnya. Gaptek gitu Loh, jadi enak aja ngomongnya.
Bagaimana dengan sobat ?

Baca Juga Coretan Terkait:

18 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)