Minggu, Mei 31, 2009

Tergoda BLOGLIGAMI

Membuat blog atau memiliki blog lebih dari satu, kurang lebih itulah maksud dari judul absurd pada postingan saya kali ini

Kenapa blogligami ?. Ya kalo diliat-liat dari pengucapan per suku katanya, dan bagian penutup dari kata ngawur tersebut, sobat pasti dapat menangkap adanya plesetan tersembunyi yang tersirat di dalamnya. Fenomena yang diwakili istilah tersebut merupakan hal yang sangat lazim terjadi di blogosphere, dan asiknya nggak pernah sampai mengundang kontroversi yang hebat. Yaa paling-paling sedikit perbedaan pandangan saja antara blogger yang berpendapat ngeblog itu bagusnya fokus hanya satu blog saja, dengan blogger yang cukup mau repot dengan membuat banyak blog.

Dorongan untuk membuat blog lebih dari satu juga beragam alasannya. Tapi dengan masih terbatasnya pengetahuan saya, saya coba mengemas menjadi dua motif besar

1. Karena memang hobi, senang, atau kecanduan ngeblog.
Mungkin awalnya bikin blog hanya untuk coba-coba atau iseng. Dan ternyata setelah menjalani eh malah jadi ketagihan. Atau bisa juga karena didorong oleh makin berkembang dan beragamnya pemikiran dan unek-unek yang tidak cocok bila diakomodasi blog yang pertama.

2. Punya tujuan mendulang penghasilan dari ngeblog.
Nah, ini dia alasan yang kayaknya punya pengikut paling banyak
Blog lebih dari satu biasanya bertujuan untuk mengoptimalkan blog jagoannya, sambil tetap mengupayakan blognya yang lain bisa optimal juga. Dan yang disasar dari aktifitas tersebut biasanya untuk memaksimalkan manfaat monetisasi yang bisa dihasilkan blog.

Saya sendiri pelan tapi pasti mulai tergoda untuk masuk ke point yang kedua dengan berupaya tetap konsisten menjaga blog sederhana tapi spesial di hati saya ini. Suit suit..

Berhubung saya baru belajar dan masih tingkat dasar pula jadi belum bisa cerita terlalu banyak apalagi detail nih tentang bagaimana mengelola multi blog, repot bin ribetnya menjaga disiplin untuk posting, apa itu dummy blog, resiko terganggunya siklus blogging dan lain-lainnya. Kelak, jika sudah cukup mengerti, saya juga akan berbagi soal soal itu sekaligus berdiskusi dengan sobat semua.

Tapi kenapa kok pake Blogligami ?.
He he he itu cuma sekedar judul kok dan gak ada maksud yang lain, jadi mohon sobat jangan mempersepsikan dengan hal lain selain cerita tentang banyak blog tadi. Istilah itu bisa aja diganti dengan Blogiandri, Blogfarm (peternakan blog), atau yang lainnya sesuai selera.

Jadi, cerita dunk tentang berapa blog yang saat ini sobat nafkahi ?

17 komentar:

  1. Kalau udah dipikir matang2, langsung eksekusi aja om! Jangan nunggu semangatnya luntur dan ide menguap. Hehehe... :D

    BalasHapus
  2. salut ma yang suka buat blog mpe 2, 3,..kalo ak 1 aja udah bingung.. kadang waktunya ga sempat buat ngurus...

    BalasHapus
  3. Anonim3:30 PM

    Berarti sy juga termasuk 'berblogligami' donk.. He.. He..

    BalasHapus
  4. Baru bangun langsung silaturahmi kesini boss, Ngopi dulu sambil baca2 Blogligaminya.

    BalasHapus
  5. hehehehe, saya kepingin berbloggami-gami, tapi pusing mas, satu juga gak keurus hehehehehehe

    BalasHapus
  6. Aku udah pernah posting :D
    Jawabnya, baca postinganku yang kemarin aja yah ... [pura-puranya u g teu :D]

    btw, logami tuh enak lhoo persiapan buat bsok klo bisa poligami :D

    BalasHapus
  7. saya termasuk didalemnya nih... tapi baru dua tapi sebenarnya satu karena yang satunya adalah translatenya aja... tapi setelah melihat gejolak PR yang sepertinya dibagi-bagi.. harus bikin peternakan blog nih..:d

    BalasHapus
  8. emang bener bisa macam2 alasannya kenapa blogger bisa punya lebih dari satu blog

    blogligami kan punya 2 blog mas?
    kalo blognya banyak masak masih blogligami?
    :)

    BalasHapus
  9. untuk sekarang ini saya masih setia dengan blog saya 'Neng-Aia' heiheiheiie...

    tapi ga ada salahnya punya blog banyak,, kan blog ga bisa cemburuan, jadi ga repot deh! ;)

    BalasHapus
  10. Kalo saya sampai saat ini masih pengen fokus mengelola satu blog aja (berbahasa Indonesia). Dari sisi tema pun, saya fokuskan pada 2 bidang dulu. Setelah mulai merasa perlu berkembang, mungkin saja saya bakalan meluaskan lagi tema blog atau malah bikin blog baru :)

    BalasHapus
  11. Blogligami itu masih family sama Poligami ya? hehehe

    kalau saya ngeblog karna rasa ingin tau dan penasaran sama dunia bloger

    BalasHapus
  12. @Hangga Nuarta....sip mas hangga. tancep gass :D
    @kak_ega_punya cerita....saya mo nyoba dulu nih mba,moga2 bisa :)
    @AeArc'....wow, udah berapa gaminya sob ? :D
    @Kopi Tozie....asik ngopi bareng bos :D
    @J O N K....udah mantep gitu kok gak keurus he he :D
    @thom....kalo poligami mah asli berat sob :D
    @annosmile....mau dicariin perawat mas :D
    @arton....mantap mas. biar beranak pinak :D
    @Rusa Bawean™....poli kayaknya berarti lebih dari satu deh mas he he he :D
    @♥ Neng Aia ♥ ...eh neng aia udahan hiatusnya ya :D
    @iskandaria....salut buat mas is yang selalu fokus :D
    @edylaw....sepupu jauh mas. jauh banget he he he :D

    BalasHapus
  13. Hmmm.... berapa yah..
    mungkin 7 mas klo saya he..he..

    BalasHapus
  14. bisa aja ni kawan yang satu ini

    idenya nyerempet nyerempet

    wih semangat dan keep share

    BalasHapus
  15. wkwkw.. kl saya tak terhitung berapa blognya.. bukan karena banyak jumlahnya.., tapi gak jelas semua blognya :D

    BalasHapus
  16. Berapa emang blog u?


    Hai friends Myokezone punya info bagus nih..
    Yuk gabung dengan reviews barang dan dapet laptop lho...buruan gabung sebelum telat...cuman ampe akhir Juli lho makanya cepat gabung dan ayo raih hadiahnya..klik Di sini tuk gabung


    Your friends Myokezone

    BalasHapus
  17. bener2 salut gan ,,
    makasih gan baut infonya,
    salam eknal aja gan

    BalasHapus

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)