Minggu, Mei 31, 2009

Tergoda BLOGLIGAMI

Membuat blog atau memiliki blog lebih dari satu, kurang lebih itulah maksud dari judul absurd pada postingan saya kali ini

Kenapa blogligami ?. Ya kalo diliat-liat dari pengucapan per suku katanya, dan bagian penutup dari kata ngawur tersebut, sobat pasti dapat menangkap adanya plesetan tersembunyi yang tersirat di dalamnya. Fenomena yang diwakili istilah tersebut merupakan hal yang sangat lazim terjadi di blogosphere, dan asiknya nggak pernah sampai mengundang kontroversi yang hebat. Yaa paling-paling sedikit perbedaan pandangan saja antara blogger yang berpendapat ngeblog itu bagusnya fokus hanya satu blog saja, dengan blogger yang cukup mau repot dengan membuat banyak blog.

Dorongan untuk membuat blog lebih dari satu juga beragam alasannya. Tapi dengan masih terbatasnya pengetahuan saya, saya coba mengemas menjadi dua motif besar

1. Karena memang hobi, senang, atau kecanduan ngeblog.
Mungkin awalnya bikin blog hanya untuk coba-coba atau iseng. Dan ternyata setelah menjalani eh malah jadi ketagihan. Atau bisa juga karena didorong oleh makin berkembang dan beragamnya pemikiran dan unek-unek yang tidak cocok bila diakomodasi blog yang pertama.

2. Punya tujuan mendulang penghasilan dari ngeblog.
Nah, ini dia alasan yang kayaknya punya pengikut paling banyak
Blog lebih dari satu biasanya bertujuan untuk mengoptimalkan blog jagoannya, sambil tetap mengupayakan blognya yang lain bisa optimal juga. Dan yang disasar dari aktifitas tersebut biasanya untuk memaksimalkan manfaat monetisasi yang bisa dihasilkan blog.

Saya sendiri pelan tapi pasti mulai tergoda untuk masuk ke point yang kedua dengan berupaya tetap konsisten menjaga blog sederhana tapi spesial di hati saya ini. Suit suit..

Berhubung saya baru belajar dan masih tingkat dasar pula jadi belum bisa cerita terlalu banyak apalagi detail nih tentang bagaimana mengelola multi blog, repot bin ribetnya menjaga disiplin untuk posting, apa itu dummy blog, resiko terganggunya siklus blogging dan lain-lainnya. Kelak, jika sudah cukup mengerti, saya juga akan berbagi soal soal itu sekaligus berdiskusi dengan sobat semua.

Tapi kenapa kok pake Blogligami ?.
He he he itu cuma sekedar judul kok dan gak ada maksud yang lain, jadi mohon sobat jangan mempersepsikan dengan hal lain selain cerita tentang banyak blog tadi. Istilah itu bisa aja diganti dengan Blogiandri, Blogfarm (peternakan blog), atau yang lainnya sesuai selera.

Jadi, cerita dunk tentang berapa blog yang saat ini sobat nafkahi ?

Baca Juga Coretan Terkait:

17 comments :

Posting Komentar

Komentar Sahabat.. (But, spam is not friendly)